Raih Swasti Saba 2019, Genius: Kesehatan Investasi Masa Depan

Genius Umar foto bersama dengan dr Lucy Genius dan Kepala Dinkes Syahrul Usai terima penghargaan. Foto: Phaik
Pariaman - Kota Pariaman raih Penghargaan Swasti Saba Padapa Kota Sehat 2019 - Klasifikasi Taraf Pemantapan. Penghargaan yang diterima oleh Walikota Pariaman Genius Umar itu diserahkan oleh Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, Selasa (19/11).

Dalam kesempatan itu, Genius Umar juga menerima Sertifikat partisipasi Kota Pariaman dalam penyelenggaraan kabupaten/kota sehat 2019.

Genius Umar mengatakan keberhasilan meraih anugerah Swasti Saba Padapa merupakan hasil kinerja Pemko Pariaman dan seluruh masyarakat.

Anugrah Swasti Saba merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap pelaksanaan program Kabupaten/Kota Sehat atau KKS. Daerah yang menerima penghargaan berhasil mendorong masyarakat untuk berperan secara aktif, baik sebagai subjek maupun sebagai objek dalam pembangunan kesehatan.

"Tidak hanya itu, hal ini tak terlepas dari peran serta masyarakat Kota Pariaman dan kader yang juga berperan sebagai agen perubahan," kata dia.

Ia mengimbau pemangku kepentingan, dan masyarakat secara berkesinambungan untuk terus melakukan koordinasi lintas sektor pemerintahan dan pembangunan berwawasan kesehatan dan lingkungan.

“Kesehatan itu sendiri adalah investasi di masa yang akan datang. Maka sudah menjadi kewajiban semuanya untuk menjadikannya lebih berkualitas sehingga kesehatan yang berkualitas itu menjadi modal pembangunan," kata dia.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan saat ini angka stunting telah turun dari 37,2% pada 2013 menjadi 27,67% di 2019 dalam waktu 6 tahun. Untuk percepatan penurunan angka stunting, penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat menjadi salah satu wujud nyata upaya konvergensi intervensi spesifik dan intervensi sensitif karena di dalamnya terdapat indikator ketahanan pangan dan gizi serta menyediakan layanan dasar dan sanitasi serta pemenuhan pelayanan kesehatan yang merata di masyarakat.

Menkes juga mengapresiasi dan penghargaan kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Walikota serta segenap Forum Kabupaten/Kota Sehat.

"Semoga momentum Penghargaan Swasti Saba ini memberikan manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia," kata dia. (Tim)