Tes CPNS Akan Dibuka, Mardison Imbau Calon Peserta Persiapkan Diri

Foto: Nanda
Pariaman - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengimbau warga setempat yang ingin mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 mempersiapkan diri agar bisa lulus seleksi.

"Seperti diinformasi oleh BKN melalui media resmi bahwa tahapan penerimaan CPNS segera dimulai. Warga kita harus mempersiapkan diri, siap administrasi dan siap ikut seleksi," katanya di Pariaman, Jumat (18/10).

Ia mengatakan seperti di tahun sebelumnya seleksi CPNS 2019 terdiri dari dua tahapan yaitu Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

Seluruh rangkaian menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Hari ini ujian, nilai ujiannya langsung dapat diketahui. Sistim CAT menjamin transparansi seleksi, tidak ada celah untuk bermain-main.

"Hasil tesnya murni, tidak ada celah untuk bermain-main. Tidak ada istilah mentang-mentang pesertanya adalah anak pejabat atau keluarga wakil walikota mereka diluluskan. Jika tidak mampu ya gagal. Yang lulus betul-betul yang kompeten;" imbuhnya.

Seperti diketahui, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis tahapan penerimaan CPNS tahun 2019. Pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019.

Pengumuman pendaftaran akan dilanjutkan dengan pembukaan registrasi daring (online) pada November 2019. Pengumuman hasil seleksi administrasi diagendakan pada Desember 2019 dan dilanjutkan dengan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020 dan diikuti dengan pelaksanaan SKD pada Februari 2020. 

Hasil SKD dijadwalkan akan diumumkan pada Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020. (Nanda)