Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Seniman Luar Piaman Meriahkan Festival Balah Hilia

8 Oktober 2019 | 8.10.19 WIB Last Updated 2019-10-08T10:29:01Z
Foto: istimewa
Pariaman - Batajau Seni Piaman tak ada matinya. Kali ini bekerjasama dengan pemerintah nagari Balah Hilia, kelompok yang dimotori para seniman muda Piaman ini bakal menggelar Balah Hilia Art And Culture Festival 2019. Lokasi acara di Pasa Jambak, Lubuk Alung pada 19 Oktober 2019. 

Berbeda dengan iven Batajau Seni Piaman yang sudah-sudah, kali ini mereka juga mendatangkan seniman dari luar Piaman sebagai penampil. 

“Kalau biasanya kita menghadirkan seniman yang ada di lingkup Batajau saja, kali ini kami datangkan pula dari Padang Panjang, Tanah Datar, dan Pesisir Selatan,” kata Wendy Nanda, koordinator produksi Batajau Seni Piaman.

Kehadiran kelompok-kelompok seni seperti ethnic percussion, Kareh, Daram Kanwa dan lain-lain diharapkan memberi warna baru dalam kegiatan ini.

 “Ini sebentuk apresiasi bagi seniman lokal Piaman agar kita dapat saling berbagi tentang perkembangan karya di berbagai daerah. Semoga ini dapat memacu kreatifitas seniman Piaman, terutama di sekitaran nagari Balah Hilia sendiri untuk makin banyak berinovasi ke depannya,” sebutnya. 

Wendy memaparkan, sebenarnya masih banyak seniman luar Piaman, bahkan luar Sumbar yang ingin berkontribusi dalam iven-iven Batajau.

 “Tapi tentu kami atur lagi scedulenya agar semua iven ke depan dapat terisi dengan maksimal. Yang jelas, kali ini kawan-kawan ini dulu yang kita libatkan,” kata dia.

Roby, selaku koordinator komite karya Forum Batajau Seni Piaman memastikan, panggung juga tersedia bagi seniman lokal Piaman yang terlibat di Batajau Seni maupun sanggar-sanggar tuan rumah. 

“Batajau Seni Piaman kita gerakkan untuk menjadi pemicu lahirnya generasi seniman yang inovatif. Jadi ruang itu yang kita sediakan di sini. Kami yakin, kedepannya perhatian dan support akan semakin banyak,” katanya.

Sementara itu, Ari selaku ketua panitia menyambut baik inisiatif seniman-seniman berbagai daerah untuk mensupport acara yang ia nahkodai. 

“Semua jejaring Batajau Seni Piaman dimaksimalkan di iven ini. Dan ini sangat luar biasa. Support seperti ini sangat berharga dalam mengangkat iven ini,” sebutnya. 

Indra Arifin, seniman asal Batusangkar yang membesut grup Gaung Marawa mengaku terpanggil untuk turut mendukung program Batajau Seni Piaman. 

"Kami di Batusangkar termotivasi melihat gerakan kawan-kawan di Piaman. Kini kami harus turut mensupport. Sebab tak lama lagi, akan ada pula kolaborasi yang kami bangun di sini bersama Batajau Seni," katanya. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update