Ratusan Mahasiswa Elektro UNP Perbaiki Instalasi Listrik Surau dan Rumah Warga di Sungai Sariak

Foto: Zahirman Kadar
Sungai Sariak - Mahasiswa teknik elektronik Universitas Negeri Padang (UNP) gelar pendidikan dan latihan (Diklat) serta bakhti sosial di Korong Buluh Kasok, Nagari Sungai Sariak, Minggu (6/10).
 

Diklat selama tiga hari 5 hingga 7 Oktober itu dibuka langsung oleh Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni.

Ali Mukhni mengatakan Diklat dan Bakhti Sosial oleh mahasiswa akan membawa bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi menurutnya mahasiswa memberikan penyuluhan dan memperbaiki instalasi listrik surau dan rumah-rumah penduduk.

"Ketidaktahuan masyarakat tentang instalasi yang baik dan aman selama ini telah terjawab oleh bakhti sosial mahasiswa ini," kata Ali Mukhni.

Ketua Ikatan Alumni IKIP/UNP ini pada kesempatan itu berikan memotivasi kepada mahasiswa. Ia membagikan kisah inspiratif pengalamannya bersama tokoh-tokoh yang dikaguminya.

Kata Ali Mukhni, ia dulunya juga murid STM jurusan listrik yang melanjutkan kuliah di IKIP yang sekarang bernama UNP.

"Dengan demikian, tidak mustahil tukang listrik bisa jadi bupati. Bisa juga nanti kalau Tuhan mentakdirkan akan jadi gubernur," kata bupati dua periode itu.

Ali Mukhni juga mengajak mahasiswa untuk mencontoh tokoh nasional Azwar Anas. Baik dalam hal ketaatan dalam beribadah, bakhti pada orang tua maupun kesuksesan dalam karier serta pengabdian pada bangsa dan negara.

"Pelajaran yang bisa kita petik dari sosok Bapak Azwar Anas adalah kunci sukses hidupnya yaitu berbakhti pada orang tua, mendekatkan diri pada Allah SWT melalui ibadah, dan hormat pada guru," ungkapnya.

Sekretaris Jurusan Teknik Elektro UNP, Habibullah menyebut pelaksanaan Diklat dan Baksos guna memberikan pengalaman pada mahasiswa agar kelak tidak canggung bila terjun dan berada di tengah-tengah masyarakat setelah tamat kuliah.

"Makanya dalam acara ini diangkat tema 'pembentukan karakter berattitude generasi muda elektro yang tangguh dan bertanggung jawab," kata dia.

Peserta Diklat dan Baksos Mahasiswa Elektro UNP berjumlah 183 orang. Selama tiga hari di sana mahasiswa akan melakukan pemasangan instalasi listrik Surau Tarok, inspeksi dan perbaikan instalasi listrik rumah penduduk serta pemasangan lampu jalan menuju surau.

Sedangkan untuk Diklat, mahasiswa mengikuti pelatihan dan ceramah agama tentang kepempimpinan dan manajemen pengelolaan organisasi. (ZK)