Polda Sumbar Gelar Sunatan Masal Gratis di Nagari Piliubang

Kapolda Sumbar didampingi bupati Ali Mukhni dan walikota Genius tiba di lokasi baksos.
Pilubang - Ribuan warga Kabupaten Padangpariaman menghadiri acara bakti sosial dan bakti kesehatan nusantara yang dilaksanakan Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat di Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padangpariaman, Selasa (15/10).
Kapolda pantau langsung proses sunatan masal yang diikuti oleh ratusan anak-anak.
Kegiatan itu dibuka langsung oleh Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Fakhrizal, dihadiri Forkopimda, tokoh masyarakat daerah setempat.

Dalam baksos yang digelar hingga besok Rabu (16/10) itu, dilakukan pelayanan seperti sunatan gratis, donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, perawatan gigi gratis, dan pelayanan KB. Peserta baksos juga mendapatkan bingkisan kain sarung gratis merupakan hadiah dari Kapolda Sumatera Barat.


Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal mengatakan sebanyak 700 anak-anak telah mendaftar untuk mendapatkan khitan gratis. Peserta cukup membludak jika dibandingkan bakti sosial pada tahun sebelumnya yang hanya 250 orang peserta.

"Bakti sosial dilaksanakan serentak se Indinesia, khusus Sumatera Barat kita laksanakan di Pilubang, Sungai Limau. Antrian cukup banyak, ini tandanya bahwa masyarakat kita membutuhkannya," katanya.


Fakrizal yang juga Sumando Pariaman itu, menyebut jika baksos yang digelar rutin adalah bentuk pengabdian Polri di bidang kesehatan.

Dengan baksos diharapkan dapat membantu masyarakat yang mengalami keterbatasan mengakses layanan kesehatan. Selain itu, diharapkan baksos juga terus memperkuat sinergi antara Polri dengan masyarakat.

Kapolda bagikan kain sarung kepada anak-anak peserta sunatan masal.
"Karena peran serta masyarakat ikut membantu keberhasilan tugas Polri. Mari kita wujudkan kebersamaan Polri dengan masyarakat dan akhirnya Polri dicintai oleh masyarakat," ulas Fakhrizal.

Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni berterimakasih kepada Polda Sumatera Barat yang menjadikan wilayah Kabupaten Padangpariaman sebagai sasaran kegiatan baksos.

"Sangat membantu kami dalam memaksimalkan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kata Ali Mukhni.

Walikota Pariaman, Genius Umar menyatakan baksos seperti khitan sangat membantu meringan beban masyarakat khususnya yang terkendala biaya untuk berkhitan.

"Karena khitan ini wajib bagi laki-laki, ini sangat membantu meringankan beban masyarakat. Saya rasa ini adalah program yang sangat menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Genius Umar memuji Fakhrizal sebagai Kapolda Sumatera Barat sebagai sosok Rang Sumando Niniak Mamak yang memberikan kontrobusi nyata bagi masyarakat Pariaman dan Padangpariaman.

"Saya sering berdiskusi dengan beliau (Kapolda) sejak dulu, saat saya masih wakil walikota Pariaman. Banyak sumbang saran dan ide yang disampaikan beliau untuk membangun Pariaman," kata dia.

Genius menyebut Irjen Pol Fakhrizal juga memiliki kepedulian terhadap permasalahan kepemudaan di Kota Pariaman. Baru-baru ini, Kapolda Sumbar mengadakan pertandingan olahraga bola voli dan trabas di Pariaman.

"Kegiatan positif tersebut menjauhkan anak muda Pariaman dari kegiatan negatif," kata dia. (adv)