HUT TNI, Danramil Disuapi Kue oleh Kapolsek

Foto: Nanda
Pariaman - Komandan Koramil 01/Pariaman, Mayor Infanteri Irwan T dan Kapolsek Kota Pariaman, AKP Irwandi saling menyuapi kue usai pelaksanaan apel bersama di Makoramil 01/Pariaman, Selasa (8/10) pagi.        

Aksi saling menyuapi kue itu merupakan kejutan ucapan selamat ulang tahun yang disampaikan jajaran Polsek Kota Pariaman untuk Koramil 01/Pariaman yang merayakan HUT TNI pada 5 Oktober 2019 yang lalu.

Tidak hanya antara komandan, aksi saling menyuapi kue diikuti oleh seluruh anggota Koramil dan Polsek yang mengikuti apel gabungan pagi itu.   

"Selamat ulang tahun TNI ke 74, kita akan saling bahu membahu menjadi garda terdepan mengamankan dan mempertahankan NKRI," kata Kapolsek Kota Pariaman AKP Irwandi.

Danramil 01/Pariaman Mayor Infanteri Irwan T mengatakan bahwa hubungan TNI dan Polri sangat baik. Kedua lembaga tersebut selaras dan sejalan menjaga NKRI. 

Meski ada pihak-pihak tertentu mencoba membenturkan TNI dan Polri, namun tidak dapat merusak kekompokan dua lembaga tersebut.

"TNI dan Polri lahir dari rakyat dan untuk rakyat. Kita kompak untuk berbuat untuk rakyat. Dalam proxy war, ada pihak yang ingin membenturkan tentara dan polisi. Tapi yakinlah itu tidak akan bisa," ujarnya.

Menurut dia, kekompokan lembaga militer dan kepolisian kedepan akan diwadahi melalui kegiatan bersama yang melibatkan anggota kedua instansi tersebut.

"Kita melaksanakan program bersama. Kita bersama-sama dengan Polsek melakukan Jumat berkah. Kita bersih-bersih masjid bersama-sama, setelah itu sambang ke desa-desa memberikan santunan kepada keluarga tidak mampu," lanjutnya.

Koramil 01/Pariaman dan Polsek Kota Pariaman juga memaksimalkan peran Babinsa TNI dan Bhabinkamtibmas menyelesaikan permasalahan masyarakat di desa, dengan mengedepankan musyawarah.

Dalam penyelesaian masalah yang terjadi, pihaknya menggunakan pendekatan agama dan adat setempat.

"Ada yang berkelahi, jangan buru-buru langsung melapor atau menempuh jalur hukum. Coba kita selesaikan dengan masyawarah. Babinsa dan Bhabinkamtibmas menjadi problem solvernya," pungkasnya. (Nanda)