Bawaslu Pariaman Potensial Raih Kembali Bawaslu Award

Riky Falantino saat beri keterangan pers. Foto: Nanda
Pariaman - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pariaman diusulkan menjadi nominator Bawaslu Award 2019 di dua kategori dari 17 kategori penghargaan.       

Bawaslu Kota Pariaman masuk nominasi pada kategori kinerja pengawasan, serta kategori pelaksanaan fungsi hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Pariaman, Riky Falantino di Pariaman, Selasa (8/10), menjelaskan kategori kinerja pengawasan dinilai salah satunya dari laporan komprehensif pengawasan pemilu.

Menurut Riky, kategori pelaksanaan fungsi hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga, diukur dengan kuantitas kerjasama atau kemitraan Bawaslu dengan berbagai lembaga. 

"Dalam kata lain, penilaian dilihat dari sejauhmana Bawaslu melibatkan lembaga melakukan pengawasan pemilu," jelasnya.

Bawaslu Kota Pariaman optimis jika dua kategori Bawaslu Award pada tahun 2019 bisa diraih.

Keyakinan itu didasarkan atas hasil penilaian penyusunan laporan akhir komprehensif pengawasan pemilu, dimana Bawaslu Kota Pariaman meraih nilah tertinggi. 

Sedangkan kategori pelaksanaan fungsi humas dan hubal, pernah diraih Bawaslu Kota Pariaman pada Bawaslu Award 2018. 

"Kita optimis dua kali penghargaan ini dapat kita raih. Dukungan kawan-kawan media dalam mengawasi dan publikasi pemilu sangat maksimal," katanya.

Bawaslu Award 2019 rencananya akan diumumkan pada 25 Oktober 2019 di Jakarta, sekaligus konsolidasi persiapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020. (Nanda)