1 Tahun Genius-Mardison: 11 Fakta Tentang Mardison yang Jarang Diketahui

Mardison Mahyuddin dan Istri Indriati. Foto: istimewa
Pariaman - Sudah satu tahun lebih Mardison Mahyuddin menjabat Wakil Walikota (Wawako) Pariaman mendampingi Walikota Pariaman, Genius Umar yang dilantik Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada 2 Oktober 2019.

Meski Mardison dikenal sebagai sosok yang sederhana dan dekat dengan masyarakat, namun masih banyak fakta seputar Mardison Mahyuddin yang belim terungkap ke publik.

Sebelum menyingkap kinerja satu tahun Genius-Mardison, Pariamantoday.com mencoba mengungkapkan fakta-fakta tersebut yang dirangkum menjadi sebelas fakta tentang Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin.

1. Anak Pamong Senior dan Guru

Mardison merupakan anak pasangan Sutan Mahyuddin Rangkayo Ganto Suaro dan Kartina Mahyuddin. Ayah Mardison Mahyuddin merupakan Pamong senior di Kabupaten Padangpariaman yang pernah menjabat sebagai Camat, Kepala Biro di Kabupaten Padangpariaman. Terakhir, pensiun sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Padangpariaman. Orang tua perempuan Mardison, Kartina adalah seorang guru Sekolah Kesejahteran Keluarga Pertama (SKKP) Padangpariaman.

2. Keluarga Besar 19 bersaudara

Keluarga Mardison Mahyuddin merupakan keluarga besar. Mardison Mahyuddin bersaudara berjumlah 19 orang satu ayah dan dua orang ibu. Mardison Mahyuddin merupakan anak bungsu.

3. Beristrikan Aparatur Sipil Negara (ASN)

Mardison Mahyuddin menikahi gadis Desa Balaikuraitaji, Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman. Perempuan itu bernama Indriati. Kini Indrianti bekerja sebagai ASN atau PNS di Dinas Pertanian Kabupaten Padangpariaman.

4. Memiliki tiga orang anak


Dari pernikahannya dengan Indriati, Mardison Mahyuddin dikarunia tiga orang anak, dua orang puteri dan satu putera. Puteri pertama bernama Khansa Prima Sandra Mardison yang saat ini menjalani pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Sedangkan puteri keduanya, Mutiara Salsa Nabila Mardison sedang menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Andalas.

Anak bungsu Mardison bernama Muhammad Wahyu Primananda Mardison merupakan siswa SMP Negeri 1 Kota Pariaman.

3. Adik Wakil Bupati Padangpariaman dan Walikotif Pariaman.

Tidak banyak yang tahu jika mantan Wakil Bupati Padangpariaman yang pernah mendampingi Muslim Kasim periode 2000-2005, Martias Mahyuddin merupakan kakak kandung Mardison Mahyuddin. Sebelumnya Martias Mahyuddin juga penah menjabat Walikotif Pariaman. Keduanya mirip dan sama-sama aktif di Partai Golkar.

4. Politisi Kawakan Golkar Pariaman

Karir politik Mardison Mahyuddin dimulai sejak masih muda, sejak berusia 25 tahun sebagai kader Partai Golkar. Tahun 1990 ia resmi menjadi pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Padangpariaman. Kala itu, Kota Pariaman belum terbentuk, masih berbentuk kota administratif.

Karir politiknya terus meningkat, 1997 ia menjadi Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Padangpariaman. Satu tahun setelah Kota Pariaman berdiri, pada tahun 2003 Mardison Mahyuddin diamanahkan menjadi Ketua DPD Partai Golkar Kota Pariaman.
Posisi sebagai pimpinan partai berlambang pohon beringin itu awet selama tiga periode, hingga tahun 2020 mendatang.

5. Angggota DPRD Tiga Periode

Mardison Mahyuddin menjadi anggota DPRD Kabupaten Padangpariaman periode 1999-2004, setelah Kota Pariaman terbentuk, ia pindah menjadi anggota DPRD Kota Pariaman. Pemilu pertama setelah menjadi kota otonom, Mardison kembali dipercaya menjadi satu dari 20 anggota DPRD Kota Pariaman, saat itu ia menjabat sebagai Ketua Komisi A.

Pada pemìlu 2009, ia kembali terpilih dan menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman.
Sejarah berulang rakyat kembali mengamahkannya mewakili di DPRD Kota Pariaman 2014-2019 sebagai Ketua DPRD Kota Pariaman.

Tiga periode dengan jabatan legislatif, bersama Genius Umar ia terpilih sebagai Wakil Walikota Pariaman pada pilkada Pariaman 2018 yang lalu.

6. Hobi Menyanyi

Mardison sangat hobi bernyanyi. Lagu kesukaannya adalah tembang-tembang berirama "mellow" dan santai. Lagu hits seperti Jangan Salah Menilai, tembang Iwan Fals Kemesraan sering ia nyanyikan.

Dalam berbagai kesempatan, Mardison sering didaulat menyumbangkan lagu dalam undangan-undangan pesta pernikahan warga. Ia pun tidak keberatan.

7. Mesra Dengan Istri

Meski telah menikah puluhan tahun, kemesraan Mardison Mahyuddin dengan istrinya Indriati tidak kalah dengan anak muda. Kemesraan ia dengan istri lewat panggilan "sayang" kepada sang istri.

8. Suka Ngonkrong Di Warung Kopi

Duduk di "Lapau" atau warung adalah rutinitas harian pagi hari Mardison Mahyuddin sebelum memulai aktifitas kantor. Di Lapau ia bukan sekadar ngopi atau ngeteh, kebersamaan dengan masyarakat itu ia jadikan untuk menyerap aspirasi dan saran untuk kemajuan Kota Pariaman.

9. Sosok Yang Religius Nan Cinta Masjid

Selain pejabat publik, sang Wakil Walikota Pariaman ini juga aktif di masjid. Ia menjadi pengurus Masjid Raya Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Tidak hanya di satu masjid, sejak menjadi anggota DPRD Kota Pariaman hingga kini menjadi orang nomor dua di Kota Pariaman, ia rutin salat sambil safari ke masjid dan surau.

10. Anak Motor

Rupanya Wakil Walikota Pariaman anak motor. Ia tergabung dalam komunitas Pariaman NMax, komunitas pengguna sepeda motor pabrikan Yamaha. Ia bergabung dalam komunitas sejak awal berdirinya Pariaman NMax tersebut.

Mardison sering ikut tour namun tidak sering karena padatnya aktivitas sebagai Wakil Walikota.

Mardison bukan hanya menunggangi motor saat tour atau acara komunitas motornya saja. Ia sering datang ke tempat acara atau safari ke masjid menggunakan sepeda motor.

11. Rajin Datang ke acara baralek dan kegiatan sosial

Sebagai pejabat publik yang memiliki banyak relasi dan dikenal masyarakat, ia banyak diundang menghadiri pesta pernikahan warganya. Baralek atau kondangan merupakan hobi baginya. Baginya baralek tidak sekadar hadir, namun bersilaturahmi dengan warga. Dalam satu hari ia pernah menghadiri hingga 17 pesta pernikahan. (Nanda)