Gelombang Mutasi: Genius Beri Target 10 Pejabat yang Dilantiknya

Foto: Nanda
Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar melantik 3 pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II), tujuh orang pejabat administrator (eselon III) dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Selasa (17/9).

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) dijabat oleh Buyung Lapau. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri menjabat Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman.

Sementara, Sekretaris Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril dilantik sebagai Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman.

Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Pertamanan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, Risman dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman. Jabatan Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Pertamanan dijabat oleh Amrizal.

Fauzan yang sebelumnya menjabat Kasi Sistim Informasi Administrasi Kependudukan Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) promosi menjadi Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Sriyan Firdawati, sebelumnya menjabat sebagai Kasubag Umum dan Program Kecamatan Pariaman Selatan promosi menjadi Kasubag Umum dan Kepegawaian Disdukcapil Kota Pariaman.

Oki Marliani Putri, fungsional pada Disdukcapil Kota Pariaman promosi sebagai Kasi Pelayanan Pendaftaran Penduduk Bidang Administrasi dan Pelayanan Kependudukan pada Disdukcapil Kota Pariaman.

Ernawati, Kasi Pengolahan dan Penyajian Data Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data dirotasi sebagai Kasi Pendukomentasi Dokumen Kependudukan Bidang Pelayanan Administrasi Kependukan pada Disdukcapil Kota Pariaman.

Kemudian, Afri Andi, Fungsional Umum Disdukcapil Kota Pariaman dipromosikan sebagai Kasi Sistim Informasi Administrasi Kependudukan Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Pariaman.

Parida, Fungsional Umum Disdukcapil Kota Pariaman dipromosikan sebagai Kasi Pengolahan dan Penyajian Data Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Pariaman.

Syamsuhermi, Kasi Pemberdayaan Kelembagaan Masyakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman dirotasi sebagai Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Pariaman.

Genius Umar dalam sambutannya memberikan target kepada pejabat yang dilantik. Ia merinci target tersebut untuk dicapai masing-masing dinas.

Pertama, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ditargetkan melahirkan inovasi agar pelayanan di Dukcapil, khususnya perekaman KTP Elektronik dapat maksimal.

"Kota Pariaman adalah kota kecil, mestinya pelayanan dan perekaman KTP kita harus lebih baik dibandingkan daerah lain," katanya.

Ia juga menekankan agar Kominfo menjalin kerjasama yang kuat dengan wartawan untuk menginformasikan perkembangan Kota Pariaman kepada masyarakat. Dukungan pemberitaan dari wartawan juga membantu pemerintah mewujudkan keterbukaan dan akuntabilitas kepada publik.

Genius juga menyinggung permasalahan sampah di Kota Pariaman. Ditargetkan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman berinovasi agar pengolahan sampah yang menjadi sumber permasalahan sampah, tahun depan dapat terselesaikan.

"Permasalahan sampah kita beradi di hilir. Pengolahan sampah belum berjalan. Saya targetkan dinas terkait menyelesaikan ini. Sampah yang tertumpuk diolah," ulasnya.

Terkait target itu, Genius menegaskan pihaknya akan memantau kinerja pejabat untuk mencapai target yang ditetapkan. Kinerja menjadi faktor pertimbangannya melakukan rotasi, promosi dan demosi pejabat di lingkungan Pemkot Pariaman.

Ia menginstruksikan agar kepala OPD memantau dan membina pejabat dan pegawai yang bertugas di dinas masing-masing. Saran dan masukan kepala OPD tentang pejabat adminstrator dan pengawas menjadi pertimbangan kebijakannya dalam memutasi.

"Kepala OPD lebih tahu soal kinerja pejabat dan staf dilingkungan kerjanya. Kami juga akan minta masukan dari kepala OPD sebagai pertimbangan dalam kebijakan mutasi," tegasnya.

Genius berharap mutasi yang dilakukan meningkatkan kinerja masing-masing OPD sehingga target dan tujuan yang dirangcang Pemkot Pariaman dapat tercapai. (Nanda)