Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ratusan Ribu Wisatawan Saksikan Hoyak Tabuik Piaman 2019

15 September 2019 | 15.9.19 WIB Last Updated 2019-09-15T23:52:10Z
Tabuik Piaman 2019
Pariaman - Digelarnya prosesi Tabuik Naiak Pangkek, Hoyak Tabuik dan Tabuik Dibuang ke Lauik hari ini, menandakan rangkaian pesta budaya Tabuik tahun 2019 telah berakhir.

Walikota Pariaman saat memberikan sambutan
Prosesi itu menjadi puncak dari seluruh rangkaian Pesta Budaya Tabuik yang dimulai sejak 1 September 2019 yang lalu.
Gubernur Sumbar, Kapolda dan undangan lain ikut bergoyang bersama Walikota Pariaman
Puncak acara Tabuik dipusatkan di Pantai Gondariah, Pasir Pariaman. 
Prosesi Tabuik Naiak Pangkek
Di atas Panggung ditampilkan berbagai kesenian dari anak nagari Pariaman.

Suara tingkah tambua tansa dan liuk, menghibur pengunjung dan undangan yang menyaksikan Tabuik dihoyak hingga dibuang ke laut.

Lebih dari 200.000 pengunjung ditaksir menyaksikan puncak pesta budaya Tabuik. Mereka datang sejak pagi hari menyaksikan Tabuik Naik Pangkek, kemudian bergeser ke Pantai Gondariah menyaksikan Tabuik dihoyak dan dibuang ke laut.

Puncak pesta Budaya Tabuik tahun ini lebih meriah. Kehadiran undangan pejabat pusat, daerah Sumatera Barat dan perantau seolah menjadi bukti acara itu menarik perhatian orang banyak.

Selain undangan dan pengunjung, puncak pesta budaya Tabuik 2019 juga dihadiri rang Sumando Pariaman, Irjen Pol Fakhrizal yang saat ini menjabat Kapolda Sumatera Barat. Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan pesta Tabuik secara nyata menunjang pergerakan ekonomi masyarakat di kota Pariaman.

"Ramainya kunjungan masyarakat selama dua pekan digelarnya prosesi Tabuik, membuat ekonomi berkembang. Uang beredar di Kota Pariaman," katanya, Minggu (15/9).

Pesta budaya Tabuik, kata Genius tidak satu-satunya upaya mensejahterakan masyarakat melalui sektor pariwisata. Pembangunan dan penataan infrastruktur pariwisata di daerah itu seperti penataan sungai dan pantai dengan konsep water front city, juga menunjung perkembangan pariwisata.

Menurutnya, prosesi budaya saat ini telah menjadi warisan budaya nasional. Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman melalui Kementerian dan Kebudayaan Kemendikbud RI, mengusulkan agar pesta Budaya Tabuik menjadi warisan budaya dunia atau warisan non benda.

Genius Umar kembali menegaskan jika Tabuik adalah kebudayaan masyarakat Kota Pariaman, bukan ritual aliran atau  keagamaan tertentu. Pesta budaya Tabuik telah ada dan diselenggaran setiap tahunnya secara turun-temurun dari 7 atau 10 generasi yang lalu.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Regional Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Reza Fahlevi mengatakan jika Kemenpar RI akan memasukkan pesta budaya Tabuik Kota Pariaman masuk dalam daftar 100 iven kalander wisata nasional Indonesia.

Selain menggelar iven, Kemenpar RI meminta agar pemerintah di daerah khususnya di Kota Pariaman, juga menguatkan destinasi wisata.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengimbau masyarakat menghargai cipta karsa leluhur yang menciptakan sebuah budaya yang dinamakan Tabuik.

"Harus dicatat Tabuik hanyalah budaya, tidak dijadikan ibadah. Tidak pula aliran atau kegiatan keagamaan tertentu. Tabuik telah mendatangkan orang dengan membawa uang, hal menumbuhkan ekonomi di tengah masyarakat - yang menggerakkan ekonomi rakyat. Pemprov Sumatera Barat setuju tabuik dijadikan ikon wisata," pungkasnya. (advertorial)
×
Berita Terbaru Update