298 Jemaah Haji Padangpariaman Berkumpul Kembali dengan Keluarga

Foto saat pelepasan rombongan jemaah haji oleh Kemenag Sumbar. Foto: istimewa/Kemenag
Pariaman - Sebanyak 298 orang jemaah haji asal Kabupaten Padangpariaman telah tiba di Kabupaten Padangpariaman, Minggu (1/9) sore.

Jemaah haji asal Kabupaten Padangpariaman tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 16.

Rombongan yang menggunakan 7 bus itu tiba di Kantor Bupati Padangpariaman di Parikmalintang sekitar pukul 20.43 Wib.

Kedatangan mereka disambut haru oleh keluarga yang terpisah selama 42 hari selama pelaksanaan ibadah haji tahun 2019 ini.

Lapangan upacara dan ruas parkir di Kantor Bupati Padangpariaman penuh sesak dengan orang dan kendaraan keluarga jemaah haji yang datang dari berbagai daerah.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Padangpariaman, Irsyad mengatakan jemaah haji Kabupaten Padangpariaman tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Katapiang, Padangpariaman pada pukul 15.00.
      
"Setelah itu jemaah haji mengikuti acara penyerahan rombongan haji ke panitia daerah masing-masing," katanya.

Esoknya, Senin (2/9) jemaah haji akan berkumpul di Kantor Kemenag untuk menjemput koper.

"Kopernya kan baru bisa diambil empat jam setelah pesawatnya mendarat. Namun karena proses pembongkarannya cukup lama, jadi pengambilan kopernya besok di kantor Kemenag," katanya.

Jemaah haji asal Kabupaten Padangpariaman berjumlah sebanyak 298 orang. Jumlah tersebut berkurang 2 orang dari jumlah awal 300 orang. 

Pengurangan disebabkan satu orang jemaah haji meninggal dunia dan satu orang lainnya pindah ke kloter lain untuk dipulangkan lebih awal karena sakit. (Nanda)