Tuju Pemerintahan Digital, Pariaman Akan Terapkan Tandatangan Elektronik

Walikota Genius Umar beri araham kepada jajarannya. Foto: Erwin
Pariaman - Pemerintahan Kota Pariaman akan menerapkan tandatangan berbasis digital. Melalui Dinas Kominfonya, mereka sosialisasikan impelementasi tanda tangan berbasis elektronik ke seluruh jajaran pemerintahan, Rabu (7/8).

Walikota Pariaman, Genius Umar menyebutkan tandatangan berbasis digital tersertifikasi akan dijadikan dokumen elektronik dalam penyelenggarakan pemerintahannya.

Ia, katanya, ingin merubah budaya kerja pegawai lebih revolusione, bekerja cepat dan berintegrasi kepada publik.

"Bukan hanya untuk melayani pimpinan di pemerintahan saja. Salah satu cara untuk merubah budaya kerja itu adalah melalui pemanfaatan teknologi informasi, melalui pola transparansi dan pola percepatan," katanya.

Ia juga meminta para PNS terus melakukan pengembangan diri dengan banyak belajar dari daerah yang lebih dulu sukses melakukan inovasi. Di acara itu pihaknya telah mengundang narasumber yang didatangkan dari Pemerintahan Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Kota Semarang sudah melalui proses bertahun-tahun untuk bisa mencapai smart city," katanya.

Dia meyakini Kota Pariaman bisa mencontoh kesuksesan Semarang dalam penerapan smart city di tata kelola pemerintahannya. Pariaman, kata dia, bisa melakukan perspektif apa saja yang sudah dilakukan Pemko Semarang dan diimplementasikan di Kota Pariaman.

Kepala Dinas Kominfo Pariaman, Hendri, mengatakan tanda tangan berbasis elektronik yang tersertifikasi untuk memberikan kemudahan bagi sistem pemerintahan.

Impelementasi penggunaan tanda tangan berbasis elektronik direncanakannya efektif bulan depan, namun surat perjalanan dinas secara online, kata dia, telah berjalan efektif.

"Ke depan semua surat harusnya sudah bisa menerapkan tanda tangan elektronik, gunanya, untuk menjamin keabsahan semua dokumen," katanya. (Erwin/OLP)