Pemerintahan Pariaman Mulai Adopsi Manajemen Arsip Berbasis Digital

Walikota Genius beri pemaparan kepada 150 peserta bimbingan teknis manajemen arsip digital. Foto: Phaik
Pariaman - Pemerintahan Kota Pariaman akan mengelola arsip daerahnya secara digital. Dari pendataan, tata kelola hingga pengolahan guna memudahkan akses ke arsip tersebut.

Sebelum penerapannya, pihak pemerintah lakukan sosialisasi melibatkan jajarannya hingga tingkat desa kelurahan di Balaikota setempat, Rabu (7/8). Sejumlah 150 peserta yang terlibat akan mendapat bimbingan teknis hingga tiga hari ke depan.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan tata kelola arsip daerahnya selama ini belum tertata dengan baik. Untuk menuju digitalisasi arsip, diperlukan bimbingan secara teknis oleh ahli.

Doktor lulusan IPB itu menginginkan manajemen arsip daerahnya terkelola dengan baik. Mudah diakses dan dapat ditemukan tanpa membutuhkan waktu lama.

"Arsip mudah dicari bila telah digitalisasi," katanya.

Genius juga menyinggung pegawai baru kurang memahami tata cara pembuatan surat dinas yang baku. Hal itu juga perlu diajarkan oleh pegawai senior ke pegawai baru.

"Surat yang ditandatangani, adalah tanggungjawab si penandatangan. Surat tersebut mesti sesuai dengan tata naskah, aka hal ini, juga harus dibenahi," katanya. (Phaik/OLP)