Pawai Obor Meriahkan Malam Tahun Baru Islam di Nagari Gadua

Foto: Nanda
Gadua - Pawai obor meriahkan perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah 2019 di Nagari Gadua, Kecamatan Enam Lingkuang, Kabupaten Padangpariaman, Sabtu (31/8) malam.

Peserta pawai obor merupakan santri Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) yang mewakili masing-masing korong di nagari setempat.

Santri MDA dengan membawa obor yang terbuat dari bambu muda, berjalan kaki menempuh 7 kilometer dengan mengelilingi seluruh korong di nagari itu.

Ketua Panitia Pelaksana, Arizal mengatakan kegiatan dilaksanakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Nagari Gadua untuk pertama kalinya.

"PHBI telah melaksanakan kegiatan untuk kedua kalinya. Namun untuk pawai yang diselenggarakan PHBI, baru kali ini," katanya.

Ia mengatakan perayaan menyambut tahun baru Islam secara meriah itu didukung seluruh lapisan masyarakat. Dukungan itu ditujukkan dengan keterlibatan pemuda agar kegiatan pawai berlangsung lancar.

Arizal mengajak masyarakat setempat memaknai pergantian tahun Hijriah sebagai momen evaluasi diri untuk memperbaiki diri.

"Pergantian tahun baru Islam dimaknai untuk perubahan yang lebih baik. Jika ada kesalahan perbaiki diri," pungkasnya. (Nanda)