Padangpariaman Gelar Lomba Perempuan Inspiratif

Ketua Tim Pengeerak PKK Hj Rena Ali Mukhni memverifikasi lapangan peserta lomba perempuan inspiratif di Limau Purut, Kec V Koto Timur. Foto: istimewa
Pariaman - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (DinsosP3A) Kabupaten Padangpariaman menyelenggarakan Pemilihan Perempuan Inspiratif tingkat Kabupaten Padangpariaman 2019.

Lomba tersebut digelar dalam upaya memberikan apresiasi kepada para perempuan yang punya inspirasi bagi masyarakat dan daerah.
 

Kepala DinsosP3A, Hendra Aswara menjelaskan bahwa salah satu tolak ukur 'Perempuan Inspiratif' adalah perempuan yang memberikan inspirasi bagi masyarakat dan pemerintah dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan, misalnya dengan membentuk kelompok usaha meningkatkan perekonomian, dan lainnya.
 

"Lomba Pemilihan Perempuan Inspiratif Tingkat Kabupaten digelar setiap tahun, kita tahu di luar sana banyak sekali perempuan tangguh yang dapat menginspirasi kita semua," ujar Hendra di ruang kerjanya, Jumat (23/8).

Sosok perempuan inspiratif, tambah Hendra, harus bisa menjadikan diri sendiri berguna bagi keluarga dan masyarakat sebelum menginspirasi orang lain.
 

Menurutnya, ada beberapa indikator untuk bisa berperan sebagai perempuan inspiratif, di antaranya mampu memperlihatkan sosok keteladanan dalam membina keluarga dan rumah tangga, memiliki budi pekerti luhur dan teladan dalam masyarakat, serta mampu melakukan terobosan dan kontribusi berarti dalam partisipasi pembangunan.
 

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Yultafitri mengatakan bahwa lomba Perempuan Inspiratif telah digelar selama dua hari pada tanggal 19-20 Agustus 2019 lalu. Peserta lomba dari perwakilan 17 kecamatan se-Padangpariaman.

Penilaian terdiri dari dua tahap yaitu berupa ekspose peserta, dan verifikasi lapangan bagi peserta yang masuk nominasi.
 

"Dewan Juri berasal dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumbar, Ketua TP PKK Padangpariaman, Rena Ali Mukhni dan DinsosP3A," kata Yultafitri.
 

Leni sofiati dari Kecamatan V Koto Timur keluar sebagai peserta terbaik pertama, disusul Fidias S dari Kecamatan Sintuak Toboh Gadang sebagai terbaik dua dan Indrawati dari Kecamatan 2x11 Kayu Tanam sebagai peserta terbaik ketiga.
 

Perserta terbaik pertama secara otomatis akan mewakili Padangpariaman untuk lomba Perempuan Inspiratif tingkat prvpinsi. (Tim)