20 Anggota DPRD Pariaman Dilantik Rabu, Andi Cover Pimpin Sidang


Pariaman - Jika tidak ada aral melintang, dua puluh orang calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman terpilih, akan mengucapkan sumpah jabatan sebagai anggota DPRD Kota Pariaman periode 2019-2024.

Kegiatan itu dilakukan dalam rapat paripurna istimewa diselenggarakan pada Rabu (14/8) pukul 10.00 Wib, bertempat di Gedung DPRD Kota Pariaman, Jalan Siti Manggopoh Desa Mangguang, Kota Pariaman.

Kepala Sekretariat DPRD Kota Pariaman, Yusrizal mengatakan rapat paripurna diagendakan setelah pemerintah menenerima keputusan Gubernur Sumatera Barat untuk pengangkatan sebanyak 20 orang anggota DPRD Kota Pariaman terpilih pada pemilu 2019.

"Pak Gubernur telah menurunkan keputusan, alhamdulillah dapat dijadwalkan sesuai dengan rencana awal yang kita rancang tempo itu," katanya dihubungi via telepon seluler, Senin (12/8).

Rapat paripurna dijadwalkan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Barat, Walikota dan Wakil Walikota Pariaman, Forkopimda Kota Pariaman, tokoh masyarakat Kota Pariaman, penyelenggara pemilu dan pimpinan partai politik se Kota Pariaman.

"Seluruh undangan telah kami kirimkan. Sebahagian masih dalam pengiriman oleh pegawai kami, kita akan usahakan undangannya diterima satu hari sebelum acara," lanjut dia.

Menurut Yusrizal, rapat itu dipimpin oleh dua orang pimpinan sementara. Rapat dipimpin oleh Harpen Agus Bulyandi (Andy Cover), yang merupakan utusan Partai Gerindra.

Partai Gerindra merupakan pemenang pertama pemilu legislatif 2019 tingkat Kota Pariaman.

Harpen akan didampingi oleh Faisal,  anggota DPRD Kota Pariaman utusan Partai Golkar, yang menjadi pemenang kedua pada pemilu 2019 di Kota Pariaman.

"Dua nama pimpinan sementara tersebut telah kami terima keputusannya dari DPD atau DPC masing-masing-masing. Jika tidak ada aral melintang, rapat dipimpin oleh utusan tersebut," pungkasnya.

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengatakan pengucapan sumpah jabatan anggota DPRD Kota Pariaman merupakan titik balik pembuktian janji politik caleg pada musim kampanye silam.

"Tinggal menunaikan janji-janji. Merealisasikan program bersama Pemko Pariaman. Khususnya dalam penyusunan APBD 2019, program yang diancang saat kampanye dalam disinergiskan di tahun ini," kata dia.

Ia mengingatkan anggota DPRD Kota Pariaman yang bakal mengucapkan sumpah jabatan, harus cepat beradaptasi. Hal itu dikarenakan dari komposisi keanggotaan periode 2019-2024, didominasi wajah baru.

"Perlu dilakukan bimtek, ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Ada kelengkapan dewan yang harus disusun. Makin cepat, maka lebih baik," tandasnya. (Nanda)