Sukses Helat Pilkades Serentak, Pemkab Bengkalis Belajar ke Pariaman

Saling bertukar cenderamata Pemko Pariaman dengan Pemkab Bengkalis. Foto: istimewa
Pariaman - Pemko Pariaman terima kunjungan kerja Pemkab Bengkalis. Asisten II Setdako Pariaman, Sumiramis bertindak mewakili Walikota Pariaman, Kamis (4/7). Sumiramis sendiri didampingi oleh kepala dinas DPMDes, Efendi Jamal.

Rombongan dari Kabupaten Bengkalis tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Indra Gunawan dan Ketua Pansus Pilkades Kabupaten Bengkalis, Rianto.

Rianto menyebut kedatangan pihaknya guna mempelajari dan membandingkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang telah sukses digelar oleh Pemko Pariaman.

"Dan kami menilai berjalan sukses dan mampu sebagai ajang kontestasi politik tingkat desa yang berlangsung secara baik, jujur dan adil," kata Rianto.

Menjawab pertanyaan itu, Sumiramis menjelaskan. Pilkades serentak dilaksanakan tatkala semua kepala desa (Kades) yang habis jabatannya. Sebelum dilakukan Pilkades digantikan Penjabat Sementara (Pj) yang diambil dari Pejabat Eselon II dan III di Pemko Pariaman.

Hal tersebut menurut Sumiramis merupakan ide walikota Pariaman, Genius Umar, yang bertujuan untuk menciptakan upaya sinkronisasi dan integrasi antara Pemko Pariaman dengan pemerintah desa guna mensukseskan program yang telah tertuang dalam visi-misi Kota Pariaman.

"Agar nantinya program pembangunan di tingkat desa selaras dengan rencana pembangunan pemerintah kota. Hal ini patut dan tepat kami lakukan," ujarnya.

Kepala DPMDes, Efendi Jamal menambahkan bahwa Pejabat Eselon yang pernah menjadi Pj tersebut, akan langsung membina perkembangan pembangunan desa tersebut pasca Pilkades.

"Secara mandiri dan sesuai dengan konsep pembangunan Kota Pariaman. Makanya Pj yang ditunjuk umumnya pejabat yang bermukim di desa atau kecamatan dimana Pilkades itu berlangsung agar lebih dekat secara sosial dan emosional dengan kepala desa terpilih," ungkapnya.

Efendi Jamal pada kesempatan itu juga promosikan beberapa destinasi wisata Kota Pariaman dan mengajak rombongan Pemkab Bengkalis berkunjung. Destinasi pantai, pulau, penangkaran penyu dan kekayaan kuliner, ia sampaikan.

"Kuliner terlezat di dunia ada di Pariaman. Pantai kami yang teduh dengan pemandangan yang eksotik sayang untuk dilewatkan. Silahkan dinikmati selama di Pariaman," ajaknya. (Tim/OLP)