Smart City Padangpariaman Tidak Sekadar Beternak Aplikasi

Bupati Ali Mukhni beramah tamah dengan pembimbing dan peserta Bimtek 1 Gerakan 100 Smart City. Foto: Zahirman K
Padang - Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni mengatakan terpilihnya Padangpariaman sebagai role mode program smart city menunjukan kesiapan dan keseriusan pihaknya dalam membangun dan mengembangkan teknologi informasi.

Dirinya berkomitmen penuh melaksanakan program gerakan 100 smart city. Salah satu bentuknya adalah melahirkan regulasi, membentuk kelembagaan, menyediakan penganggaran, membangun infrastruktur TIK dan menyiapkan sumber daya manusia yang handal bidang IT," kata dia, Rabu (10/7).

Ia yakin program gerakan 100 smart city akan merubah Padangpariaman jadi daerah maju dan terdepan di bidang IT. 

Ia menegaskan ke seluruh OPD dan peserta Bimtek agar mengikuti seluruh rangkaian bimbingan teknis dengan sungguh-sungguh.

Tim Pembimbing Gerakan 100 Smart City, Hari Kusdaryanto mengatakan Ali Mukhni menunjukan keseriusan terhadap smart city.

Memang, kata dia, dalam menyusun sebuah master plan dibutuhkan tim kuat dan solid untuk mengkaji dan merumuskan permasalahan agar hasilnya sesuai dengan kebutuhan.

Hari mengungkapkan smart city bukan beternak aplikasi, bukan hanya milik Kominfo. Namun smart city adalah daerah/kota, birokrat dan warganya yang smart.

"Daerah/kota dikatakan smart apabila dapat menyelesaikan masalah prioritas, dapat meningkatkan value daerah dan memberikan pelayan yang prima pada publik," imbuh anggota tim penyusunan buku panduan smart city ini.

Kepala Dinas Kominfo Padangpariaman, Zahirman, menuturkan Bimtek Gerakan 100 Smart City merupakan tindak lanjut dari MoU antara Kementerian Kominfo dengan 25 kabupaten/kota pada 19 Mei 2019 lalu di Hotel Santika Jakarta. 

Padangpariaman sebagai salah satu kabupaten terpilih akan melaksanakan Bimtek tersebut sebanyak empat kali di bawah bimbingan tim dari Kementerian Kominfo.

"Setiap bimtek akan dievaluasi oleh tim dari pemerintah pusat dan hasilnya dipresentasikan oleh kepala daerah di depan bupati/walikota seluruh Indonesia. Kita ingin, Padangpariaman menjadi daerah terbaik dalam penyusunan dan penerapan program smart city," pungkasnya. (ZK).