Padangpariaman Raih Juara Pertama Uda Duta PKH Sumbar

Fauzi Eka Putra, Pendamping PKH Kec. Batang Gasan (kiri) meraih Uda Duta PKH Sumbar tahun 2019. Foto: istimewa
Pariaman - Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni apresiasi prestasi Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) dengan diraihnya peringkat pertama Uda Duta Program Keluarga Harapan (PKH) Tingkat Sumatera Barat 2019. 

Adapun yang terpilih sebagai Uda Duta PKH Sumbar 2019 yaitu Fauzi Eka Putra, Pendamping PKH dari Kecamatan Batang Gasan.

Ali Mukhni menilai prestasi itu sebagai bentuk komitmen daerah dalam mendukung pelaksanaan program nasional untuk pengentasan kemiskinan.

“Alhamdulillah, prestasi yang membanggakan daerah kita persembahkan bagi masyarakat Padangpariaman. Selamat untuk DinsosP3A khususnya adinda Fauzi yang mengharumkan nama daerah,” kata Bupati Ali Mukhni di ruang kerjanya, Parit Malintang, Senin (15/7).

Ke depan, orang nomor satu di Padangpariaman itu berharap sebagai Duta PKH, merupakan cerminan dari Pendamping PKH Sumatera Barat yang turun ke masyarakat dan bertemu dengan para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH untuk bersapa dan memberikan motivasi dan mendorong semangat kemandirian.

“Kita dorong agar setiap hari ada warga yang keluar dari data penerima bantuan PKH atau graduasi mandiri,” kata Peraih Satya Lencana Pembangunan itu.

Kepala DinsosP3A, Hendra Aswara mengatakan Pendamping PKH Padangpariaman telah menjalankan tugas dengan baik yang bertemu langsung dengan masyarakat penerima manfaat PKH. 

Sebanyak 60 orang pendamping PKH, kata dia,  turun langsung ke tengah masyarakat untuk berbicara dan memberikan motivasi untuk memanfaatkan bantuan sesuai ketentuan.

“Pendamping PKH mempunyai tugas mulia dalam mengarahkan bantuan untuk warga miskin yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat,” kata Mantan Kadis Perizinan itu.

Untuk percepatan graduasi mandiri, kata Hendra, telah dilahirkan inovasi Jujurin Saja atau Jujur Miskin Sadar Sejahtera. Artinya, Pendamping PKH memotivasi para KPM yang sudah sejahtera untuk keluar sebagai penerima bantuan.

“Kita berikan reward bagi Pendamping PKH berupa satu unit laptop yang banyak melaksanakan graduasi mandiri PKH Sejahtera,” kata Kadis termuda itu.

Sebelumnya, Padangpariaman mengutus dua orang pendamping PKH menjadi Duta PKH tingkat sumbar yaitu Fauzi Eka Putra dan Indah Ratna Sari.

Uda Duta PKH Sumbar terpilih Fauzi Eka Putra mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Padangpariaman, DinsosP3A, Pendamping PKH dan seluruh pihak yang membantu hingga meraih prestasi yang membanggakan daerahnya.

“Terima kasih dukungan Bapak Bupati, DinsosP3A, Pendamping PKH dan seluruh pihak yang bersama-sama bekerja keras dalam meraih prestasi in,i” kata Fauzi. (Tim)