Puluhan Band se Sumbar Unjuk Gigi di Festival Gandoriah

Foto: Nanda
Pariaman - Anak band dari berbagai daerah dari Provinsi Sumatera Barat, "ngeband" dalam Gondariah Music Fiesta Tahun 2019 di Pentas Utama Pantai Gondariah Pariaman, Minggu (30/6).

Kompetisi band musisi muda ini diselenggarakan oleh komunitas anak muda Kota Pariaman #ayokepariaman.
   
Band yang tampil membawa lagu yang sedang populer di Tanah Air saat ini. Lagu band ngetop, seperti Noah, D' Massive, Mahadewa dan lagu populter lainnya dibawakan dengan aransemen masing-masing.

Acara ini merupakan satu di antara Festival Pesona Gondariah 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pariaman.

Pendiri Komunitas #ayokepariaman, Rozy Kosmadi menuturkan 20 band telah mendaftarkan diri berkompetisi di ajang tahunan itu. 

"Peserta didominasi oleh pelajar dan mahasiswa. Pesertanya masih muda bangetlah," katanya di Pariaman.

Ia merinci jika panitia membatasi jenis genre musik yang ditampilkan. Peserta membawakan lagu bergenre pop, dangdut, rock, jazz. 

"Seluruh genre boleh, kecuali underground dan reggae," rincinya.

Bagi penampilan terbaik pertama, kedua, ketiga dan the best player, mendapatkan hadiah berupa piala dan tabanas dengan total nilai Rp10 juta. 

Rozy mengatakan Gondariah Music Fiesta yang rutin digelar telah memasuki tahun keempat. Evaluasi setiap penyelenggaraan peserta meningkat. 

Ia berharap festival band tidak hanya digelar setahun sekali. Lebih dari itu, diharapkan komunitas lainnya dapat mengangkat kegiatan yang sama.  

"Ini menunjukkan peminat festival band di Kota Pariaman meningkat. Dengan iven yang sering digelar, juga memberikan dampak lain seperti berkembangnya studio band dan studio rekaman di Kota Pariaman," tandasnya. (Nanda).