Operator Jetsky BPBD Pariaman Kecelakaan Saat Patroli di Gandoriah

Foto ilustrasi/istimewa
Pariaman -  Seorang petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman alami kecelakaan saat melakukan patroli di Pantai Gondariah, Kota Pariaman, Jumat (14/6) sore.

Kecelakaan terjadi saat jetsky BPBD Kota Pariaman yang dioperatori oleh Ronal Natalindo terbalik, karena dihempas gelombang tinggi persis idekat Dermaga Apung Pantai Gondariah.

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin menerangkan, peristiwa nahas itu terjadi saat Ronal Natalindo melakukan penyisiran di pinggir Pantai Gondariah guna memastikan tidak ada lagi wisatawan atau warga berenang atau bermain di bibir pantai karena gelombang yang membahayakan pengunjung.

"Namun malang, setiba di lokasi jetsky yang digunakannya anggota kami dihembas gelombang tinggi. Akibatnya jetsky tersebut terbalik dan korban terjatuh ke dalam laut," kata Mardison.

Mengetahui kejadian itu, rekan-rekan korban yang melihat kejadian cepat melakukan pertolongan. Korban dievakuasi ke RSUD Pariaman untuk penanganan medis.

Dikatakannya, tindakan yang dilakukan korban merupakan prosedur BPBD Kota Pariaman memastikan tidak ada lagi pengunjung atau wisatawan beraktivitas di dalam pantai. 

Meskipun telah dilakukan patroli manual dengan berjalan kaki, patroli menggunakan jetsky juga dilakukan.

"Kondisi sore hari gelombang cukup tinggi, namun kita tetap harus melakukan sterilisasi pantai dari pengunjung atau masyarakat. Karena jika tidak dilakukan bisa membahayakan," katanya.

Setelah mendapatkan pertolongan awal, korban dirujuk ke RSUP M. Djamil Kota Padang guna mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

"Kita instruksikan dirujuk ke fasilitas kesehatan lanjutan agar penangannya lebih maksimal. Dari pemeriksaan, paru-parunya banyak kemasukan air laut," kata Mardison yang langsung menyaksikan korban saat dirawat di RSUD Pariaman. (Nanda)