[Lebaran H+3] Objek Wisata Pariaman Membludak Pengunjung, Genius Imbau Wisatawan Jaga Kebersihan

Suasana pesta pantai di Pantai Cermin Pariaman. Foto: Adek Oswandi
Pariaman - Sejumlah objek wisata di Kota Pariaman penuh sesak oleh pengunjung di hari ketiga lebaran, Jumat (7/6). 

Wisatawan tidak hanya terpusat di Pantai Gandoriah, tapi juga di sepanjang Pantai Cermin, Pantai Kata, Pantai Pauh, hingga wisatawan yang berkunjung ke Pulau Angso Duo. Jumlahnya diperkirakan puluhan ribu orang.

Tingkat keramaian masih terpantau hingga pukul 22.00 WIB di sepanjang Pantai Gandoriah. Pengunjung terlihat memadati sejumlah cafe keluarga di sepanjang pantai itu.

Dari penjualan tiket resmi yang dicatat oleh Dinas Pariwisata Kota Pariaman, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Angso Duo berkisar 5.000 pengunjung per hari ini.

"Dari pantauan yang kita lakukan, semua pengunjung naik kapal wisata secara resmi ke pulau. Belum kami temukan adanya wisatawan yang naik secara tidak resmi (ke pulau)," kata PLT Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman, Alfian, Jumat malam.

Kapal wisata pulau yang tidak resmi adalah kapal yang menaikturunkan penumpang di luar dermaga yang telah disediakan oleh Pemko Pariaman. Dalam arti kata, menaiki kapal tanpa membeli tiket dan naik di luar lokasi atau dermaga resmi. Sangat berisiko. Selain tidak memenuhi standar keamanan, jika terjadi kecelakaan tidak dinaungi pula oleh asuransi.

"Dalam pantauan kami tidak menemukan adanya aktivitas tersebut," imbuhnya.

Alfian menyebutkan, Pesta Pantai Pariaman 2019 atau yang biasa disebut masa lebaran di Pariaman, juga memasuki hari ketiga. Pihaknya menyiagakan petugas termasuk dirinya sendiri memantau langsung kelancaran pengunjung selama berlebaran di Pariaman. Pesta Pantai akan berakhir pada hari Minggu 9 Juni 2019.

Dalam pantauan wartawan, petugas kebersihan malam ini juga dikerahkan membersihkan sampah di sepanjang Pantai Gandoriah. Walikota Pariaman, Genius Umar ditemani PLT Kepala Dinas Tarkim dan LH, M Syukri terjun langsung ke lapangan.

Genius Umar pada kesempatan itu mengimbau wisatawan yang berkunjung ke Pariaman agar menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Menjaga kebersihan secara mandiri dengan tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan," kata Genius. (OLP)