Kunjungan ke Angso Duo Membludak, Pemko Sediakan 2 Titik Penyeberangan

Aneka wahana di pulau Angso Duo. Foto: Nanda
Pariaman - Sebanyak 2.000 orang wisatawan lokal dan nasional berkunjung Pulau Angso Duo Pariaman setiap hari pada liburan Idul Fitri tahun ini. 

Wisatawan menyeberang dari dua titik yakni di penyeberangan melalui Pantai Gondariah dan Muaro Gondariah. 

Catatan manives wisata penyeberangan ke Pulau Angso Duo dimulai pada hari pertama lebaran hingga memasuki hari ketiga juga menunjukkan peningkatan.

Di hari pertama Rabu (5/6), 262 orang wisatawan menyeberang ke Pulau Angso Duo. Selanjutnya, Kamis (6/6) meningkat menjadi 1.316 pengunjung dan Jumat (7/6) sebanyak 2.200 orang wisatawan menyeberang.

Sementara hari ini hingga pukul 11.00 Wib, 800 orang wisatawan telah berkunjung ke pulau yang dilengkapi dermaga apung itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Alfian menuturkan pemerintah setempat telah membentuk tim untuk melayani pengunjung berwisata ke Pulau Angso Duo.

Tim juga melakukan pengawasan terhadap kelaikan kapal, kapasitas atau muatan kapal dan standar keamanan pengunjung saat melakukan penyeberangan.

"Pemko telah membentuk tim dengan peran masing-masing. Ada tugasnya pelayanan, pengawasan dan pengamanan. Tim bertugas memastikan aktivitas penyeberangan aman," kata mantan Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Pariaman itu, Sabtu (8/6).

Alfian memprediksi puncak kunjungan wisatawan ke Pulau Angso Duo terjadi pada esok hari, bersamaan dengan puncak kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman.

"Besok kemungkinan puncak kunjungan wisatawan ke pulau," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan keluarga juga mengunjungi Pulau Angso Duo, Jumat (7/6) silam. 

Gubernur dalam kunjungan itu didampingi walikota, wakil walikota dan sejumlah kepala OPD daerah setempat. (Nanda)