Kapal Perang KRI Kurau 856 Merapat di Pulau Angsoduo

Foto: Nanda
Pariaman - Dua ratus remaja pelajar SMA, SMK dan duta maritim Provinsi Sumatera Barat mengikuti kegiatan Pembinaan Mental (Bintal) Juang Remaja Bahari 2019 yang diselenggarakan oleh Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 29-30 Juni 2019 itu diawali dengan upacara pembukaan (Bintal) Juang Remaja Bahari 2019 di Dermaga Khusus KRI Lantamal II Padang Pelabuhan Bungus, Kelurahan Bungus Timur, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Usai upacara, pelajar dan duta maritim diberikan kesempatan berlayar ke Pulau Angso Duo, Kota Pariaman menaiki KRI Kurau - 856 untuk mengikuti rangkaian acara lainnya.

Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman menuturkan, kegiatan tersebut untuk membina anak muda Sumatera Barat agar cinta tanah air dan patrotisme.

"Kita juga akan sampaikan pengetahuan tentang kebaharian, sehingga remaja sadar bahwa Indonesia adalah negara bahari dan mengawalnya lebih jaya" ujarnya.

Disampaikan Agus Sulaeman, kegiatan dikemas dengan konsep yang menyenangkan, sehingga tidak membuat peserta bosan. Dalam bintal itu juga latihan menstimulasi kekompakan, saling menghormati dan sikap rela berkorban bagi para peserta.

Agus Sulaeman menambahkan Bintal tahun 2019 baru diprioritaskan untuk pelajar dan komunitas binaan TNI AL. Karena luasnya manfaat kegiatan, Lantamal II Padang memperluas sasaran peserta kegiatan.

"Dampaknya sangat positif, namun pesertanya terbatas. Kedepan kita akan perluas atau menambah jumlah peserta," pungkasnya. (Nanda)