Besok Lebaran, Mardison Ajak Warga Ramaikan Takbiran Malam Ini

Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin. Foti: Nanda
Pariaman - Pemeritah Kota Pariaman menggelar takbiran keliling di seputaran kota malam ini, untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah yang bertepatan pada esok hari, Kamis (5/6).

Takbiran berkeliling menggunakan puluhan kendaran roda empat dimulai setelah salat Isya. 

Kegiatan diawali dengan start di Halaman Balaikota Pariaman, melintasi Alai Galombang, Jawi-Jawi I, Simpang Kampung Cino, Kampung Pondok-Simpang Apar-Padang Birik-Birik.

Kemudian dilanjutkan ke Simpang Apar-By Pass, Simpang Lapai, Kuraitaji, Marunggi, Taluak, Karan Aur, Simpang Kampuang Kaliang, Kampung Baru-Simpang DLLAJ dan Finish kembali ke Kantor Balaikota Pariaman.

Sementara salat Idul Fitri 1440H/2019 pada Rabu  5 Juni 2019 pukul 07.00 Wib digelar di Halaman Balaikota Pariaman. Bertindak sebagai imam adalah Bakri, S.IQ, M.IQ dan khatib oleh DR. H. Syari Bin Sumin.

Pelaksanaan takbiran dan salat idul fitri 1440H/2019 diikuti oleh Forkopimda Kota Pariaman, tokoh agama dan adat Pariaman.

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, menghimbau warganya memeriahkan penyambutan hari raya Idul Fitri dengan meramaikan takbiran di masjid dan surau masing-masing.

"Besok insya Allah kita lebaran, kami mengimbau masyarakat melakukan takbiran tanda kegembiraan kita menyambut Idul Fitri," kata dia di Pariaman, Selasa (4/6).

Ia juga mengingatkan masyarakat agar segera membayarkan zakat fitrah secepatnya, jika bisa paling lambat saat malam takbiran nanti.

"Nanti jangan ada yang belum sempat menyalurkan zakat fitrahnya, orang mau sholat ied, zakat fitrahnya belum disalurkan," ujarnya mengingatkan.

Sebelumnya, Kementerian Agama RI telah menetapkan lebaran Idul Fitri 2019 jatuh pada Rabu 5 Juni 2019. Pelaksanaan Idul Fitri yang ditetapkan pemerintah bersamaan dengan penetapan lebaran Idul Fitri oleh Muhammadiyah. (Nanda)