Besok, 300 Pembalap Akan Adu Cepat di Muaro Pariaman


Pariaman - Kapolresta Pariaman Kejuaran Daerah (Kejurda) Balap Motor Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Barat tahun 2019 seri ke II akan digelar esok hari, Minggu (23/6).

Balap Motor yang dilaksanakan di Sirkuit Non Permanen (NP) Muaro Pariaman akan memperlombakan 15 kelas. Menariknya, panitia juga membuka kelas khusus yakni matic standar 115 cc khusus wanita.

Hadiah utama berupa dua unit sepeda motor salah satu pabrikan Jepang dan uang tunai diberikan kepada pebalap yang naik podium sebagai juara umum Kelas Terbuka dan juara umum Kelas Pemula.

Koordinator Wilayah IMI Kota Pariaman, Indra Jaya menyebut sebanyak 300 orang pebalap bakal ambil bagian pada balap motor ini.

"Itu jumlah starter yang telah mendaftar kepada panitia," katanya.

Ia menuturkan, Kejurda tersebut merupakan program kerja Pengurus Provinsi IMI Sumatera Barat bekerjasama dengan Koordinator Wilayah IMI Kota Pariaman, Polres Pariaman/Saka Bhayangkara dan Pemko Pariaman.

Menurut Indra, iven yang digelar bertujuan menjadi wadah bagi bibit pebalap lokal untuk menunjukkan eksistensi diri.

Iven ini sekaligus mencari bibit-bibit pembalap muda Kota Pariaman untuk diikutkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun depan.

"Nanti akan ada segmen sosialisasi tentang ketertiban dan keamanan berlalulintas. Selain iven perlombaan, ada pesan pentingnya kesadaran keselamatan berlalulintas yang ingin kita sampaikan," imbuhnya.

Lebih dari itu, iven adu kecepatan motor dan ketangkasan pebalap juga menjadi daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke Kota Pariaman. Iven ini bisa menjadi alternatif hiburan bagi wisatawan saat berada di Kota Pariaman.

"Karena berada di kawasan wisata, tentu ini bisa jadi alternatif hiburan bagi pengunjung yang berwisata ke Kota Pariaman. Jika kita selenggarakan rutin tiap tahun dengan skala lebih besar, bisa jadi iven sport tourism," tandasnya. (Nanda)