Tiga Korban Kebakaran Terima Bantuan dari Dinas Sosial Padangpariaman

Kepala DSP3A Hendra Aswara serahkan bantuan korban kebakaran di Korong Pasir Baru Nagari Pilubang, Sungai Limau, Rabu (8/3). Foto: istimewa
Pariaman - Gerak cepat Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten (DSP3A) Padangpariaman patut diapresiasi. Korban musibah kebakaran di tiga lokasi dalam tiga hari terakhir, telah mendapat bantuan dan tentunya disyukuri oleh korban kebakaran.

Dahlina (66) beralamat di Korong Pasir Baru Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau, bersyukur adanya bantuan yang diserahkan karena sangat dibutuhkannya. Kejadian yang menimpanya pada hari Selasa subuh (8/5) telah menghanguskan rumah dan isinya. Diperkirakan kerugian mencapai Rp 220 juta.

"Alhamdulillah, terimakasih banyak atas bantuan pemerintah. Tadi subuh kami kemalangan, pagi sudah turun bantuan dari Dinas Sosial. Taubek juo tangih kami pak," kata Dahlina.

Kemudian Dinsos melanjutkan penyerahan bantuan kebakaran kepada korban bernama Kili (80) beralamat di Korong Guguk, Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Sungai Limau. Musibah yang menghanguskan rumah terjadi pada Senin malam saat anggota keluarganya bersiap salat tarawih. Percikan api muncul di kabel listrik pintu depan rumah. Api dengan cepat menjalar ke seluruh isi rumah tanpa satu barang pun bisa diselamatkan.

"Api muncul tiba-tiba membakar rumah. Semua barang terbakar hanya tinggal puing," ujar kakek enam cucu itu.

Kepala DSP3A, Hendra Aswara mengimbau warga agar selalu waspada akan bencana atau musibah yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Jadi dalam tiga hari ada tiga kali kejadian kebakaran. Kita patut waspada dan kami minta bantuan Pak Camat dan walinagari untuk imbau warga untuk waspada," kata Hendra.

Penyebab kebakaran, kata Hendra, masih dalam penyelidikan namun menurut informasi warga, percikan api berawal dari arus pendek listrik.

"Ada kebiasaan yang kurang bagus, biasanya warga memakai satu kabel raun dengan banyak colokan listrik. Seperti mencas hp, kabel tv dan setrika. Ini tidak boleh, bisa menimbulkan kebakaran," ujar Mantan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian itu.

Hendra berharap agar warga selalu berhati-hati agar tidak terjadi kebakaran, dengan mematikan kompor dan pastikan listrik sudah dimatikan ketika keluar rumah.

Menurutnya, bantuan yang diberikan sebagai bentuk nyata kepedulian Pemkab Padangpariaman kepada masyarakat yang terkena musibah.

Bantuan yang diserahkan kepada dua keluarga tersebut yaitu kasur, perlengkapan dapur, mie instan, family kid, paket lauk pauk, biskuit makanan anak, tenda gulung dan food ware. (Tim)