Ramai Mana? Menengok Aktivitas Dua Pasar Pabukoan di Pariaman

Suasana di Pasar Pabukoan Pasar Pariaman yang terlihat ramai meski lokasinya sempit. Foto: OLP
Pariaman - Bulan Suci Ramadhan selalu membawa berkah tersendiri bagi para pedagang pabukoan (menu berbuka). Baik pedagang rutin hingga kagetan.

Di Pariaman, Pasar Pabukoan disediakan di dua lokasi oleh Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman. Lokasi pertama di Pasar Pariaman dan lokasi kedua di Balai Kuraitaji, Pariaman Selatan.

Berbagai menu berbuka yang beraneka ragam mereka buat untuk dijual dua pasar pabukoan tersebut. Pembeli bisa memilih jenis makanan dan minuman apa yang akan mereka beli untuk menu berbuka puasa mereka di rumah. Di antara menu yang dujual, ada menu yang hanya dibuat khusus saat bulan puasa saja.

Di Pasar Pariaman sendiri saat ini tidak banyak pedagang pabukoan yang bisa menjual dagangan mereka seperti tahun lalu karena saat ini Pasar Pariaman sedang dalam proses pembagunan. Lokasi yang disediakan untuk berjualan pun sempit dan sedikit, sebab tempat mereka berjualan dulu sudah dibangun pasar penampungan sementara oleh Pemerintah Kota Pariaman.

Walaupun di lokasi yang serba darurat, para pedagang tetap bersyukur karena masih bisa diberikan kesempatan untuk mengais rezeki selama bulan suci. Pengunjung sendiri terlihat tetap antusias datang ke Pasar Pabukoan walaupun dalam kondisi yang sempit dan berdesak-desakan berburu jenis pabukoan yang mereka inginkan.

Pasar Pabukoan Desa Balai Kuraitaji berbanding terbalik dengan Pasar Pabukoan Pariaman. Di sini meski sudah disediakan lapak-lapak tempat berjualan, namun tidak semua lapak yang disediakan itu terisi.

Pengunjung yang tidak begitu ramai datang ke pasar pabukoan diakui sendiri oleh pedagang di sana. Mereka mengatakan bahwa tahun ini sepi pengunjung. Mereka menduga hal itu disebabkan oleh faktor ekonomi atau sebab yang lainnya. (Desi)