Polisi Prediksi H-2 Idul Fitri Puncak Mudik ke Pariaman

Kasat Lantas Polres Pariaman, Iptu Muhammad Sugindo. Foto: Nanda
Pariaman - Puncak arus mudik dari dari luar Sumatera Barat ke Kota Pariaman diprediksi terjadi pada H-2 lebaran Idul Fitri 2019. Diprediksi lonjakan arus mudik mulai pada Minggu (2/6) hingga Rabu (5/6) mendatang.
   
Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pariaman, Iptu Muhammad Sugindo mengatakan pantauan arus lalulintas di titik pintu masuk menuju Kota Pariaman belum terlihat adanya lonjakan arus masuk kendaraan ke Kota Pariaman.
   
"Beberapa hari ini mulai masuk kendaraan dengan plat nomor wilayah luar Provinsi Sumatera Barat seperti dari DKI Jakarta, Jambi dan Pekanbaru. Namun volume kendaraanya belum begitu signifikan," katanya di Pariaman, Rabu (29/5) sore.
   
Pihaknya juga belum menerima permintaan pengawalan dari rombongan perantau yang mudik ke Kota Pariaman menggunakan kendaraan roda empat ataupun bus.
   
"Biasanya ada permintaan pengawalan ke kami. Namun hingga saat ini belum ada konfirmasi," ulasnya.
   
Mengantisipasi lonjakan arus kendaraan pada musim mudik 2019 ini, pihaknya telah mempersiapkan langkah rekayasa arus lalu lintas mencegah terjadinya kemacetan dan lakalantas dengan menempatkan personil pada titik rawan dan membuat imbauan ketertiban dan keselamatan berlalulintas.
   
"Kita lakukan upaya maksimal untuk mencegah terjadinya kemacetan dan kasus lakalantas. Kita juga imbau pemudik untuk berhati-hati berkendara, utamakan keselamatan," tandasnya. (Nanda)