Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mardison Ajak Desa Selaraskan Arah Pembangunan dengan Rencana Kota

19 Mei 2019 | 19.5.19 WIB Last Updated 2019-05-19T06:09:00Z
Foto: Nanda
Pariaman - Pembangunan yang dilakukan pemerintah desa harus sinergi dengan rencana pembangunan daerah yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Pariaman. 

Hal itu dilakukan agar capaian target pembangunan daerah dapat dicapai secara maksimal.

"Arah pembangunan dan program pembangunannya sejalan, pembangunan akan lebih efektif," kata Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin saat memimpin rombongan tim II Safari Ramadhan Kota Pariaman ke Masjid Aur Desa Talago Sariak, Jumat (17/5).

Dalam menyusun Rencana Pembangunan Menengah Desa (RPJMDes), kata dia, pihak terkait di desa dapat memperhatikan RPJMD Kota Pariaman yang dijadikan acuan arah pembangunan daerah periode lima tahun ke depan. Dengan sinerginya RPJM, pembangunan yang dilakukan secara berbagi tanggungjawab antara Pemko dan Pemdes.

"Misalnya, kita siapkan program revitalisasi sungai untuk menjadikan Kota Pariaman sebagai waterfront city. Tanggungjawab Pemko adalah melakukan merevitalisasi sungai. Kemudian, Pemdes mengambil tanggung jawab membuat pendesterian atau jalan di pinggir sungai. Arah tujuannya sama untuk pengembangan pariwisata, namun dikerjakan secara keroyokan. Ini akan lebih efektif. Kami menegaskan, setiap penyusun rencana pembangunan harus demokratis, artinya semua pihak terkait di desa dilibatkan," ujarnya.

Ia juga ingin masyarakat berperan agar pembangunan yang dilakukan dengan konsep pemberdayaan desa. Pembangunan fisik seperti jalan desa, irigasi dan lainnya melibatkan masyarakat setempat sebagai pekerjanya.

"Dengan ini perputarannya di desa kita saja, pembangunan fisiknya selesai tapi masyarakat kita juga terberdayakan. Inilah konsepnya bahwa masyarakat menjadi subjek dan objek dari pembangunan. Dari masyarakat untuk masyarakat," pungkasnya. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update