Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kemenkominfo Tetapkan Padangpariaman Ikuti Gerakan 100 Smart City Indonesia

16 Mei 2019 | 16.5.19 WIB Last Updated 2019-05-16T03:32:12Z
Bupati Ali Mukhni dan sejumlah kepala daerah foto bersama dengan Mendagri usai teken MoU. Foto: Andri
Jakarta - Padangpariaman ditetapkan mengikuti program Gerakan Menuju Smart City 2019 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Penetapan itu disepakati oleh Bupati Padangpariaman Ali Mukhni dengan menandatangani momerandum of understanding (MoU) program tersebut bersama 24 kepala daerah lainnya di Jakarta, Rabu (15/5).

Gerakan Menuju 100 Smart City adalah gerakan inisiatif untuk membimbing kota/kabupaten dalam menyusun rencana induk smart city di daerahnya masing-masing. Rencana induk itu tentunya akan menjadi pegangan pemerintah daerah dalam mewujudkan smart city.

Ke 25 kota/kabupaten ini terpilih setelah mengikuti proses penilaian (assessment) yang berlangsung pada awal Maret 2019 lalu.

Proses penilaian diawali dengan mengundang 107 kota/kabupaten. Kemudian, setiap daerah dinilai kesiapan mewujudkan smart city, baik dari sisi kesiapan infrastruktur, suprastruktur, dan visi pemimpin daerah. Proses penilaian sendiri dilakukan praktisi dan akademisi yang selama ini terlibat di Gerakan Menuju 100 Smart City.

Ke 25 kota/kabupaten terpilih ini melengkapi 75 kota/kabupaten yang telah terpilih di tahun 2017 dan 2018, sehingga lengkaplah 100 kota/kabupaten mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City.

Program ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementerian PUPR, Kantor Staf Kepresidenan dan APEKSI.

“Gerakan Menuju 100 Smart City adalah sebuah inisiatif Kominfo sebagai fasilitator pemerintah daerah dalam memanfaatkan teknologi untuk menjawab tantangan di daerah masing-masing,” ungkap Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo.

Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni mengantakan, smart city bukan sekadar teknologi infomasi tetapi sejauh mana melayani kebutuhan masyarakat secara mudah dan efisien.

"Padangpariaman harus siap menjadi kabupaten yang smart city, karena ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat atas pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang ingin cepat, efisien dan berbiaya murah," kata Ali Mukhni.

Ikut mendampingi Bupati Ali Mukhni, Ketua DPRD Padangpariaman, Faisal Arifin, Kepala Bapelitbangda Ali Amran, Kadis Kominfo Zahirman dan Kabag Humas Andri Satria Masri. (Tim)
×
Berita Terbaru Update