Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tidak Lolos Jadi Calon, Pendukung Bacakades Demo Panitia Pilkades

22 April 2019 | 22.4.19 WIB Last Updated 2019-04-22T09:31:37Z
Foto: Nanda
Pariaman - Tidak terima calonnya tidak lolos sebagai calon kepala desa , puluhan warga Desa Tungkal Utara demo Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Tungkal Utara, Senin (22/4) pagi.

Aksi unjuk rasa tersebut disebabkan tidak lolosnya bakal calon kepala desa Tungkal Utara, Suardi sebagai calon kepala desa Tungkal Utara.

Puluhan demonstran tiba di Kantor Kepala Desa Tungkal Selatan sekitar pukul 09.00 Wib. Selain  melakukan orasi di halaman Kantor Kepala Desa Tungkal Utara, demonstran juga membawa 7 lembar poster yang beragam tuntutan.

Satu jam kemudian, pukul 10.30 Wib perwakilan demonstran diterima P2KD Tungkal Utara. Namun pertemuan tersebut buntu. Perwakilan demonstran keras meminta agar Suardi diloloskan sebagai calon kepala desa, sedangkan Ketua P2KD Tungkal Utara, bersikeras jika Suardi tetap tidak lolos sebagai calon karena tidak melengkapi persyaratan administrasi.

Ketua P2KD Tungkal Utara, Darno mengatakan, tidak lolosnya Suardi sebagai calon kepala desa lantaran tidak melengkapi surat keterangan tidak pernah dijatuhi hukuman oleh pengadilan negeri.

Padahal, kata Darno, P2KD telah menghubungi Suardi secara resmi agar Suardi melengkapi syarat tersebut.

"Namun hingga jadwal terakhir penetapan cakades, Suardi tidak kunjung melengkapi persyaratan tersebut dan selanjutnya tidak ditetapkan sebagai calon kepala desa," jelas Darno.

Sementara itu, terkait rekomendasi Camat Pariaman Utara yang menurunkan 4 Calon Kepala Desa Tungkal Utara, diterima 10 hari setelah penetapan calon kepala desa oleh P2KD Tungkal Utara.

"Sehingga hal tersebut tidak sesuai dengan jadwal. Saat ini, permasalahan tersebut telah ditangani oleh P2KD Kota Pariaman, apapun hasilnya akan diterima," lanjut Darno.

Bakal Calon Kelapa Desa Tungkal Utara, Suardi mengatakan, konfirmasi dengan P2KD Tungkal Utara disebutkan ketidaklolosan Suardi sebagai calon kepala desa, karena tidak melengkapi syarat surat keterangan yang menyatakan tidak pernah dijatuhi hukuman pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan.

"Padahal syarat tersebut telah dilengkapi sebelum dilakukannya rapat penetapan calon Kepala Desa Tungkal Selatan," kata dia.

Suardi menilai P2KD tidak berlaku adil. Tiga orang Bakal Calon Kepala Desa Tungkal Utara yang ditetapkan oleh P2KD Tungkal Utara merupakan warga Dusun Sungai Batuang.

"Sedangkan saya merupakan satu-satu calon yang berasal Dusun Taji-Taji, gagal lolos sebagai calon. Coba simpulkan sendiri hal ini," tandasnya.

Saat ini demonstran telah membubarkan diri. Sementara, Suardi maupun PK2D Tungkal Utara dipanggil P2KD Kota Pariaman membahas permasalahan itu. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update