Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Padangpariaman Sosialisasikan PUG ke Walinagari

16 April 2019 | 16.4.19 WIB Last Updated 2019-04-16T11:40:36Z
Foto: Hendra
Paritmalintang - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman tengah gencar membangun kesadaran gender di kalangan aparat pemerintahan, swasta, perguruan tinggi dan dunia usaha. Salah satunya yaitu dengan tidak bosan-bosannya menyelenggarakan sosialisasi tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari.

Kesetaraan gender juga sudah tertuang dalam visi dan misi pemerintah daerah. Pembangunan daerah yang berwawasan gender ditegaskan dalam Peraturan Bupati Padangpariaman No. 40 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Gender di Kabupaten Padangpariaman.

Bahkan dalam manajemen pemerintahan, pemerintah telah memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan dan laki-laki dalam berkarier: baik dalam jabatan struktural maupun fungsional.

"Sosialisasi PUG bagi walinagari ini untuk persamaan persepsi dan membuka wawasan kita semua untuk lebih memahami arti dan pentingnya pengarusutamaan gender (PUG) melalui perencanaan penganggaran yang responsif gender (PPRG)," kata Sekda Jonpriadi saat membuka acara sosialisasi PUG bagi walinagdi Aula IKK, Parit Malintang, Senin (15/4).

Adapun tujuan acara itu, kata Jonpriadi, agar percepatan pembangunan dan pelaksanaan PUG di Kabupaten Padangpariaman segera tercapai.

Ke depannya semua lapisan masyarakat mulai dari janin dalam kandungan, bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa, lansia dan kaum disabilitas baik laki-laki maupun perempuan dapat menikmati hasil dari seluruh pembangunan baik pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, agama, insfrastruktur dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A), Hendra Aswara mengatakan PUG sebagai sebuah strategi telah tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 yang mengamanatkan kepada seluruh menteri, kepala lembaga, gubernur dan bupati/walikota untuk mengintegrasikan PUG pada setiap tahapan proses pembangunan.

"Padangpariaman tengah gencar dalam percepatan PUG. Buktinya kita sudah ada komitmen dari seluruh stakehorders dalam penyusunan anggaran mendukung PUG," kata dia.

Sosialisaisi PUG bagi walinagari tersebut dihadiri 103 nagari dan perangkatnya. Adapun narasumber dari akademisi Unand Dr Jendrius dan Kabid Sosbud Bappeda Sumbar Ahmad Zakri. (Tim)

×
Berita Terbaru Update