Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Konsumsi Ikan Warga Padangpariaman Terbilang Rendah

24 April 2019 | 24.4.19 WIB Last Updated 2019-04-24T15:33:06Z
Foto: Andri
Parit Malintang - Dengan panjang garis pantai mencapai 40 Km lebih, Padangpariaman merupakan salah satu daerah penghasil ikan yang layak diperhitungkan. Hanya saja, hal itu belum sebanding dengan kesadaran masyarakat dalam mengonsumsi ikan.

Buktinya, tingkat konsumsi masyarakat Padangpariaman terhadap berbagai jenis ikan masih berada di bawah rata-rata nasional.

Hal itu diakui Sekda Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi, saat membuka lomba memasak serba ikan se Kabupaten Padangpariaman, Rabu (24/4), di Hall Kantor Bupati Padangpariaman, di Parit Malintang.

Jonpriadi berharap lomba memasak serba ikan tersebut tidak hanya sebatas kegiatan seremonial semata, melainkan bisa lebih memotivasi para kaum ibu lebih gemar memasak masakan serba ikan.

"Yang terpenting tentunya bagaimana masakan yang disajikan itu harus bervariasi. Jadi tidak hanya seperti masakan yang pernah ada sebelumnya. Jadi meski masakannya berasal dari bahan serba ikan, namun menunya harus bisa divariasikan, sehingga dengan begitu, diharapkan akan timbul rasa keinginan lebih untuk menikmatinya," sebutnya.

Hal itu menurutnya penting diperhatikan mengingat tingginya protein dalam masakan ikan yang diperkirakan bisa mencapai 18 persen lebih.

"Makanya ke depannya kita perlu lebih meningkatkan lagi semangat memakan serba ikan seperti yang digelar dalam lomba kali ini. Begitu pula ke depannya kaum ibu-ibu di daerah ini juga lebih gemar lagi dalam menyajikan makanan serba ikan, tentunya dengan menu dan varian yang lebih bervariasi," sambungnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Padangpariaman, Zainil wilayah laut Padangpariaman mengandung potensi besar dalam bidang perikanan, khususnya potensi perikanan laut di samping beragam potensi kekayaan laut lainnya.

Diakuinya, meski Kabupaten Padangpariaman kaya dengan potensi perikanan, khususnya potensi perikanan laut, hal itu belum sebanding dengan tingkat kesadaran masyarakatnya dalam mengonsumsi ikan.

"Masih di bawah rata-rata konsumsi nasional. Padahal daerah kita kaya potensi ikan," katanya. (Tim)
×
Berita Terbaru Update