Seleksi Dimulai, Pariaman Targetkan Paskibra Kibarkan Bendera Pusaka di Jakarta

Foto: Junaidi
Pariaman - Sebanyak 144 pelajar SMA sederajat se-Kota Pariaman ikuti seleksi pasukan pengibar bendera (Paskibra) 2019 di gelanggang olahraga (Gor) Sutan Rajo Bujang di Kelurahan Karan Aur, Pariaman Tengah, Selasa (26/3).

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengatakan, salah satu keberhasilan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah suksesnya Paskibra menaikan dan menurunkan bendera.

"Tanggung jawab besar itu nantinya berada di pundak pelajar yang lolos seleksi," ungkapnya.

Mardison bilang, anggota Paskibra merupakan pelajar pilihan dan istimewa. Bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera saja, akan tetapi harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar berprestasi, disiplin, bermoral, serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

Dalam pelaksanaan seleksi - disamping menjalani tes secara fisik - peserta juga mendapatkan pembinaan mental yang akan berguna dalam membangun sikap dan karakter.

"Jadilah generasi masa depan yang maju dan unggul, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta teruslah berkarya. Selain itu, peserta juga harus memiliki integritas, mental yang kokoh, ulet, tegar dan pantang menyerah," sambung Mardison.

Ia berpesan kepada para peserta yang lolos seleksi agar mampu memberikan penampilan terbaiknya saat HUT RI mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman, Kanderi mengatakan, acara seleksi Paskibra Kota Pariaman 2019 dilaksanakan selama empat hari ke depan.

"Dari 144 Pelajar yang ikut seleksi nanti akan kita pilih empat orang untuk dikirim ke tingkat Provinsi Sumatera Barat dan 36 orang untuk menjalankan tugas sebagai Paskibra Kota Pariaman 2019," tuturnya.

Kanderi juga berharap perwakilan Kota Pariaman yang diutus ke tingkat Provinsi Sumbar nantinya, dapat terpilih dan mengikuti seleksi Paskibraka tingkat nasional di Jakarta.

"Sudah lama Kota Pariaman tidak mengirim utusanya untuk menjadi Paskibraka di level nasional. Kami berharap banyak kepada pelajar dan tim pelatih yang pada tahun ini dilatih oleh Polres Pariaman," tandasnya. (Juned/*)