Puting Beliung Porak-Porandakan Rumah Warga di Sungai Limau

Salah satu rumah warga kena dampak puting beliung. Foto: Aprizaldi/istimewa
Sungai Limau - Angin Puting Beliung gasak rumah warga di Korong Pasar Sungai Limau, Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Padangpariaman, Selasa pagi (5/3).

Angin tornado berkekuatan sedang itu merusak 8 unit rumah warga. Puting Beliung mulai terlihat pada pukul 08.30 WIB pagi. Warga tak mampu berbuat apa apa selain berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri.

Tak butuh waktu lama bagi puting beliung menerbangkan atap dan papan rumah warga. Keadaan rumah warga seketika jadi rusak berantakan.

"8 unit rumah warga yang rusak semi permanen, separoh kayu separoh semen," kata Kepala Bidang Logistik dan Kebencanaan BPBD Padangpariaman, Yendri saat dihubungi wartawan.

Menurut Yendri, pihaknya tiba di lokasi kejadian satu jam setelah kejadian. Usai berkoordinasi dengan Walinagari setempat, pihaknya bersama warga bahu membahu membersihkan puing rumah yang beterbangan ke sana ke mari oleh puting beliung tersebut.

"Untuk sementara kita bagikan bantuan 8 unit terpal. Satu unit bagi tiap rumah kena dampak puting beliung," sebutnya. "Dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," pungkasnya.

Korban dampak puting beliung rata rata adalah nelayan setempat. Warga berharap bantuan logistik dari pemerintah.

"Sudah beberapa hari kami tidak melaut karena cuaca buruk," ujar Sahar, nelayan setempat. (OLP)