Bawaslu Ajukan Anggaran Rp15 M Untuk Pilkada Padangpariaman

Foto: Nanda
Pariaman - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padangpariaman mengusulkan Rp 15 Miliar untuk anggaran pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padangpariaman 2020.

Usulan anggaran pengawasan Pilkada 2020 telah disampaikan Bawaslu Kabupaten Padangpariaman kepada Bupati Padangpariaman, Ali Mukni dalam audiensi pekan silam.

Ketua Bawaslu Kabupaten Padangpariaman didampingi Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Padangpariaman, Anton Wira Tanjung mengatakan tahapan pilkada Kabupaten Padangpariaman dimulai pada Januari 2020. 

"Karena tahapannya telah dimulai awal tahun, tentu anggarannya juga telah dialokasikan di APBD 2020," kata Anton di Pariaman, Selasa (5/3).

Bawaslu Kabupaten Padangpariaman telah berkoordinasi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk penyusunan anggaran.

Besaran anggaran yang diusulkan diperkirakan mengalami perubahan karena akan dilakukan rasionalisasi.

Dilanjutkan Anton, anggaran tersebut akan digunakan untuk honor pengawas, kegiatan sosialisasi pencegahan dan pengembangan pengawasan partisipatif dan kegiatan pengawasan seluruh tahapan pilkada.

"Cukup besar anggaran untuk honor petugas pengawas, karena jumlahnya cukup banyak dari kecamatan hingga ke TPS," ulasnya.

Tahapan awal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padangpariaman dimulai dengan perekrutan petugas pengawas adhoc di tingkat kecamatan dan nagari. Diperkirakan perekrutan pengawas adhoc di bulan Januari 2020 mendatang.

"Tahapan awal setelah anggaran pengawasan pemilu dihibahkan, kita akan lakukan perekrutan pengawas adhoc," pungkasnya. (Nanda)