Padangpariaman Akan Perbanyak Peta Jalur Evakuasi di Zona Merah Tsunami

Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur. Foto: Nanda
Nan Sabaris - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman memperbanyak peta rawan bencana dan penunjuk arah menuju titik evakuasi bagi warga Kabupaten Padangpariaman bila saat terjadi gempa dan tsunami.

"Peta rawan bencana akan ditempatkan pada lokasi atau daerah yang rawan bencana seperti zona merah tsunami. Pemkab juga akan memperbanyak penunjuk arah dan peta evakuasi," kata Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur di Pauhkambar, Sabtu (16/2).

Pemerintah kata dia, juga akan melakukan pengecekan terhadap sejumlah sirine peringatan tsunami yang ada di beberapa titik daerah pantai Kabupaten Padangpariaman. 

"Harus kita pastikan alat peringatan dini tsunaminya dalam kondisi baik. Dalam waktu dekat akan kembali disimulasi ulang," kata dia.

Pemerintah juga melakukan edukasi siaga bencana kepada masyarakat melalui kegiatan yang dilakukan BPDB Kabupaten Padangpariaman dan OPD lainnya di lingkungan Pemkab Padangpariaman.

"Kita juga dorong pemerintah nagari memaksimalkan kelompok siaga bencananya di nagari. Kita minta untuk sosialisiasikan siaga bencana," pungkasnya. (Nanda)