Dipasangi Lampu Warna-Warni Bertenaga Surya, Pulau Angso Duo Kian Tacelak

Foto: Junaidi
Pariaman - Ada yang beda dari Pulau Angso Duo. Jika malam gelap dan sepi, kini telah dipercantik dengan lampu warna-warni. Pulau Angso Duo kian cantik dan indah. Kian tacelak.

Lampu-lampu tersebut merupakan bantuan dari PT Alfa Light System (ALS) - perusahaan multi nasional - bergerak dalam bidang penerangan tenaga surya. Lampu-lampu itu nantinya menggunakan tenaga solar cell (tenaga matahari) sebagai perangkat untuk menghasilkan energi listrik.

Walikota Pariaman Genius Umar dan Dirut ALS meninjau langsung pemasangan dan alat penunjangnya di pulau itu, Sabtu (16/2).

Genius Umar menyebut ALS mendukung penuh kemajuan wisata Pariaman dengan dipercantiknya pulau Angso Duo dan lokasi lainnya dengan penerangan lampu warna-warni yang menarik.

"PT ALS pada November lalu telah memaparkan tentang hal ini dan keinginan untuk berinvestasi di Kota Pariaman. Alhamdulillah kini telah dimulai dengan pemasangan di beberapa titik di lokasi wisata," tutur Genius.

Genius mengaku telah melihat langsung  lampu-lampu itu bekerja dengan menggunakan solar cell yang ramah lingkungan dan tidak membebankan daerah akan beban listrik.

"Kita berharap kepada semua pihak untuk merawat dan menjaga solar cell dan perangkat lainya yang ada di Pulau Angso Duo ini. Jangan sampai ada yang merusak bahkan mencuri perangkatnya. Untuk itu perlu perhatian dan kerjasama kita semua," imbaunya.

Sarana dan pra sarana yang dibangun penunjang pariwisata di Kota Pariaman selama ini, sebut Genius untuk dinikmati oleh pengunjung dan semua pihak.

Dengan tertata dan diperindahnya berbagai zonasi wisata, ia berharap tingkat kunjungan ke Pariaman kian meningkat. 

"Dengan catatan kita tetap menjaga lingkungan dan kebersihan pulau," tutupnya.

Direktur PT ALS, Akhmad Syarif mengatakan bahwa pihaknya telah membuat demo light di beberapa titik di Kota Pariaman dengan total investasi sebesar Rp200 juta.

Adapun lokasi yang telah dikasih penerangan mandiri menggunakan solar cell dan lampu led strip, adalah di Pulau Angso Duo yang terdiri dari water mark Angso Duo, dua buah cottage, musala Katik Sangko dan satu buah perahu.

"Kami juga memasangkan lampu ini di beberapa lokasi di Pantai Kata. Mulai dari arena MTQ beserta jembatannya, serta musala," tandasnya. (Juned/*)