Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dasawisma Pinang Merah Sukses Bangkitkan Ekonomi Warga Kampuang Kandang

11 Februari 2019 | 11.2.19 WIB Last Updated 2019-02-11T13:41:34Z
Foto: Junaidi
Pariaman - Kelompok Dasawisma memiliki peran besar mewujudkan keluarga kuat dan mandiri. Setiap ketua kelompok harus mempersiapkan diri menjadi lebih professional.

"Kelompok Dasawisma adalah ujung tombak terdepan berbagai program kegiatan pemerintah yang berhubungan langsung dengan keluarga dan lingkungan sekitar terutama dalam hal penyediaan gizi yang seimbang dan pemanfaatan pengoptimalan pekarangan untuk peningkatan ekonomi keluarga," ujar Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin pada penilaian lapangan Ketua Kelompok Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat di desa Kampuang Kandang, Pariaman Timur, Senin (11/2).

Mardison bilang, Dasawisma merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang mulia karena menyangkut upaya pendapatan yang objektif dan menggerakkan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di lapangan.

"Sepuluh Program pokok PKK merupakan dasar bagi Dasawisma dalam melaksanakan dan menjalankan kegiatan mereka karena mereka merupakan garda terdepan yang diharapkan mampu menggerakkan semua kegiatan yang langsung berhubungan dengan hidup dan kehidupan masyarakat," tuturnya.

Mantan Ketua DPRD Kota Pariaman ini juga mengatakan bahwa Kelompok Dasawisma Pinang Merah Desa Kampuang Kandang, telah berkontribusi besar dalam peningkatan pendapatan masyarakat melalui pengoptimalan pekarangan.

Kelompok Dasawisma Pinang Merah sejak 2016 telah mulai merintis usaha pengoptimalan pemanfaatan pekarangan agar mempunyai nilai ekonomis dengan menjadikan jahe menjadi usaha kelompoknya.

Tidak hanya itu, mereka juga mengembangkan budidaya ikan air tawar di saluran irigrasi dan kolam yang mereka buat, serta budidaya itik petelur di belakang pekarangan rumah warga.

"Ketua Dasawisma Pinang Merah Desa Kampung Kandang diharapkan mewakili Kota Pariaman, dengan menjadi yang terbaik dan pemenang," katanya.

Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Nevi Irwan Prayitno yang turun sebagai ketua tim penilai mengatakan bahwa ia bersama rombongan akan menilai secara profesional dan objektif sesuai dengan ekspose dan penilaian di lapangan nantinya.

Dengan melihat apa yang sudah dilakukan oleh kelompok dasawisma tersebut sejak 2016 lalu - mulai dari usaha jahe sampai budidaya ikan air tawar dengan memanfaatkan aliran irigrasi serta kolam yang dibuat masyarakat serta budidaya itik petelur - dinilainya sangat bagus.

"Kami juga berharap ketua kelompok Dasawisma Pinang Merah dari Kota Pariaman menjadi juara tentunya setelah kita melihat hasil dari penilaian lapangan dari daerah lain," sebutnya.

Kota Pariaman dalam Penilaian Ketua Kelompok Dasawisma berprestasi tingkat Sumatera Barat diwakili oleh Suarti, Ketua Kelompok Dasawisma Pinang Merah. Mereka sukses memanfaatkan pekarangan dengan usaha ekonomi produktif untuk meningkatkan pendapatan keluarga dengan usaha jamu jahe, ikan air tawar dan telur itik. (Juned/*)
×
Berita Terbaru Update