Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Andrinof Chaniago: 3 Tahun Lagi Pariaman Tujuan Wisata Utama di Sumbar

25 Februari 2019 | 25.2.19 WIB Last Updated 2019-02-25T14:57:56Z
Komisaris Utama BRI, Andrinof Chaniago berkunjung ke Pulau Angso Duo Pariaman. Foto: Eri
Pariaman - Komisaris Utama BRI, Andrinof Chaniago akui Kota Pariaman miliki potensi wisata bahari memukau. Bila dipoles dan dipromosikan dengan masksimal, kata Andrinof, kurun tiga tahun mendatang Pariaman akan menjadi daerah tujuan wisata utama di Sumatera Barat.

“Pariaman sudah memiliki objek wisata yang sudah jadi, seperti Pantai Kata, Pantai Gandoriah dan Pulau Angso Duo. Pulau berada di depan pantainya, serta kuliner yang khas dan beragam,” kata Andrinof Chaniago di Pulau Angso Duo Pariaman, Senin (25/2).

Dalam dunia pariwisata, kuliner, alam, kebudayaan adalah magnet kuat untuk menarik wisatawan. Pariaman memiliki hal itu semua. Lokasi Pariaman yang hanya berjarak 40 menit dari Bandara Internasional Minangkabau, menjadikan Pariaman juga mudah diakses wisatawan.

Orang dekat Presiden Jokowi ini sarankan Pemko Pariaman lakukan penataan terhadap pedagang di objek wisata dengan rapi. Jejeran pedagang yang tertata dengan baik juga akan memperindah tampilan suatu objek wisata.

Menurutnya, pelaku wisata dan pedagang punya andil besar terhadap kunjungan wisatawan. Pelaku wisata yang ramah dan pedagang yang membangun kesetiaan pelanggan, membuat pengunjung akan kembali berkunjung dan menciptakan imej positif.

“Bagaimana wisatawan agar bisa kembali berkunjung ke Kota Pariaman dan bagaimana saat wisatawan pulang ke rumahnya menyebarkan cerita positif tentang Kota Pariaman. Dengan demikian, kian hari akan lebih banyak orang tertarik datang ke Pariaman,” jelasnya,

Dia bilang, mendidik pelaku usaha dan pariwisata amat penting. Tuan rumah mesti bersikap ramah dalam melayani tamu agar muncul kesan yang baik terhadap pelayanan wisata di Kota Pariaman.

Sedangkan bagi pelaku usaha di objek wisata juga harus kreatif. Jangan sampai terjadi kemunduran seperti mendirikan kedai seadanya dengan memanfaatkan pohon dan terpal lalu jual mie instan dengan air dari termos.

"Ini adalah kemuduran jiwa wirausaha sebagai orang Minang,” cetusnya.

Walikota Pariaman, Genius Umar menyambut baik saran Andrinof Chaniago. Selaku tokoh nasional, Andrinof Chaniago dikenal peduli dunia kepariwisataan Ranah Minang.

“Beberapa saran beliau sudah saya eksekusi langsung, seperti tidak membolehkan pedagang menggunakan atap terpal karena mengganggu keindahan," ungkapnya.

Genius mengaku mulai mengintensifkan sapta pesona kepada pelaku dan pedagang di objek wisata.

"Kemudian masalah promosi sudah kita mulai menjajaki media-media nasional dan mengoptimalkan promosi pada media sosial,” tandasnya. (Eri/*)
×
Berita Terbaru Update