Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Selain Panggung Seni, HUT Ke-186 Padangpariaman beri 3 Hari Pelayanan Terintegrasi

9 Januari 2019 | 9.1.19 WIB Last Updated 2019-01-09T13:03:51Z
ASN Padangpariaman menjadi peserta donor darah pada HUT ke-186 di Kantor Bupati di Nagari Parit Malintang, Enam Lingkung, Rabu (9/1). Foto: Hendra
Paritmalintang - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman menyelenggarakan pelayanan langsung kepada masyarakat dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-186. Layanan berlangsung selama tiga hari pada tanggal 9 hingga 11 Januari 2019 yang diikuti oleh seluruh OPD, Instasi Vertikal, BUMN dan lembaga lainnya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Suhatri Bur usai lepas lomba maraton 10k di Halaman Kantor Bupati di Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Rabu (9/1).

"Berbeda dari tahun sebelumnya, sekarang kita adakan layanan gratis kepada masyarakat. Semua lengkap di sini. Ada buat KTP, KK, IMB, izin usaha, Samsat, SIM keliling, perpustakaan, Bank Nagari, donor darah, cek kesehatan oleh dokter spesialis dan lainnya. Artinya kita jadikan rakyat sebagai raja," kata Suhatri Bur.

Layanan ini, kata Suhatri Bur, diberi nama Gapura Papa atau Gerai Pelayanan Untuk Rakyat. Diharapkan segala adminstrasi yang dibutuhkan masyarakat bisa diselesaikan dan dituntaskan.

Mantan Ketua BAZDA itu juga mengimbau agar para camat dan walinagari beserta jajaran, agar mengerahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan langsung di tempat. 

"Yang kita lakukan hari ini untuk implementasi motto Saatnya Rakyat Menikmati. Aparatur gembira melayani, masyarakat senang dilayani," ungkapnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Muhammad Fadhly mengatakan animo masyarakat cukup tinggi memanfaatkan layanan Gapura Papa. Layanan yang dibuka sejak pagi hingga sore hari, telah melayani sebanyak 39 dokumen penduduk.

"Kita turunkan tim sebanyak 10 orang dengan membawa alat perekaman KTP, KK, Akte Kelahiran dan lainnya. Semoga lebih banyak lagi masyarajat yang datang dua hari ke depan," kata Fadhly.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Hendra Aswara mengaku banyak didatangi masyarakat yang mengurus IMB dan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

"Untuk pengurusan IMB ada 8 permohonan dan tiga untuk PIRT. Kemudian banyak juga masyarakat yang konsultasi izin usaha dan prosedur perizinan," kata Peraih Penghargaan Peringkat Pertama Pelayanan Publik tingkat Sumbar itu.

Pesta rakyat memeriahkan Hari Jadi Padangpariaman ke-186 berlangsung selama tiga hari. Acara juga diwarnai seni Randai, olahraga dan panggung hiburan oleh Band Pinokio dan artis Minang Ajo Buset dan Kintani. (Tim)
×
Berita Terbaru Update