Mardison Minta Auditor dan Pengawas di Inspektorat Tingkatkan SDM

Foto: Nanda
Pariaman - Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin melantik Auditor dan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah di Daerah (P2UPD) di lingkungan Inspektorat Kota Pariaman, Kamis (31/1).

Tiga orang auditor dan sembilan orang P2UP yang dilantik, dia harapkan akan memperkuat pengawasan dan pembinaan secara internal di Pemerintahan Kota Pariaman.

"Harapannya adalah yang dilantik hari ini mampu melaksanakan tugas dengan baik sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah (AKIP). Kita ingin penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel, tentunya perlu dilakukan pengawasan terhadap kegiatan yang ada di setiap OPD, salah satunya dengan dukungan auditor dan P2UPD ini," ujarnya.

Menurutnya, pengawasan dan pembinaan terhadap ASN dan kinerja penting untuk dijadikan bahan evaluasi bagi OPD dan ASN untuk memperbaiki kinerja. Apalagi yang berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat.

"Auditor dan P2UPD harus mengawasi apakah penyelenggaraan urusan pemerintahan telah sesuai dengan aturan seperti keputusan menteri (Kepmen) dan SAB Walikota," katanya.

Dalam kesempatan itu, Mardison juga menekankan agar auditor dan P2UPD profesional dalam bertugas. Pasalnya, auditor dan P2UPD juga berasal dari ASN Pemko Pariaman.

"Harus tetap profesional dalam mengawasi dan terpenting juga harus ada peningkatan SDMnya," pungkasnya. (Nanda)