Logistik Pemilu Mulai Datang, KPU Pariaman Koordinasikan Pengamanannya

Pariaman - KPU Kota Pariaman koordinasikan pengamanan logistik pemilu serentak 2019 dengan sejumlah pihak: kepolisian, TNI, Bawaslu dan Pemko Pariaman.

Pengamanan dilakukan seiring telah datangnya beberapa item logistik pemilu yang saat ini telah disimpan di gudang KPU Kota Pariaman.

"Kotak suara dan bilik suara sudah disimpan di gudang, ada beberapa logistik lainnya seperti sampul juga sudah tiba. Tentu pengamanan mulai dilakukan," kata Ketua KPU Kota Pariaman, Abrar Azis saat rapat koordinasi dengan instansi lintas sektoral untuk pengaman logistik pemilu di Balaikota Pariaman, Senin (14/1).

Ia mengatakan jika pengamanan logistik dilakukan pada saat pergeseran dari KPU Kota Pariaman ke PPS dan TPS yang ada. Pengaman dan pengawasan logistik dilakukan secara bersama-sama.

"Arus pengiriman dan arus balik logistik dari gudang ke TPS dan sebaliknya dilakukan pengamanan secara bersama-sama," ulasnya.

Selain pengamanan logistik, pihaknya juga ingin memastikan armada angkutan yang akan digunakan untuk pendistribusian logistik pemilu memenuhi standar dan kelayakan angkutan oleh dinas terkait. Pemenuhan standar dan kelayakan sangat penting dikarenakan logistik pemilu 2019 memiliki kerentanan.

"Angkutannya harus memenuhi standar, kita juga akan minta standarisasi kendaraan pengakut dan tarifnya kepada dinas terkait," lanjutnya.

Sementara itu, KPU Kota Pariaman belum memetakan di mana saja titik TPS yang memiliki kerawanan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Pariaman, Kepolisian, TNI dan Pemko Pariaman terkait TPS rawan.

"Ada beberapa titik yang tergolong rawan karena daerah tersebut terkadang terendam air. Namun kita akan siapkan lokasi TPS alternatifnya," pungkasnya.

Kasat Shabara Polres Pariaman, AKP Yandrianus Can mengatakan Polres Pariaman telah mulai menempatkan personil pengamanan logistik pemilu 2019 di Kantor KPU Kota Pariaman. 

"Adapun jumlah personil pengamanan disesuaikan dengan kebutuhan, jika mulai pergeseran, tentu akan kita tambah," ujarnya.

Polres Pariaman, kata dia menerjunkan dua pertiga dari total keseluruhan personil dalam operasi pengamanan pemilu serentak 2019. Selain pengamanan logistik, Polres Pariaman juga melakukan pengawalan pergeseran logistik pemilu dari KPU Kota Pariaman hingga ke TPS. 

"Ada personil yang ikut mengawal logistik ini. Kita akan maksimalkan nanti," kata dia.

Ditambahkannya, Polres Pariaman melakukan patroli dengan sasaran objek vital seperti kantor KPU Kota Pariaman, Bawaslu Kota Pariaman dan kantor pemerintahan lainnya. Patroli dilakukan untuk mencegah terjadinya kemungkinan terjadinya gangguan terhadap stabilitas keamanan di Kota Pariaman.

"Kita patroli satu regu tiap malam, terutama pada jam-jam rawan. Kita cek objek vital yang ada, termasuk kantor KPU dan Bawaslu," pungkasnya. (Nanda)