Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lihat Manfaat Besarnya bagi Masyarakat, Kapolda Sumbar Dukung Pembangunan Tarok City

10 Januari 2019 | 10.1.19 WIB Last Updated 2019-01-10T05:36:43Z

Padang - Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Fakhrizal siap mendukung pembangunan kawasan pendidikan terpadu Tarok City yang terletak di Kabupaten Padangpariaman. Namun jika ditemukan penyimpangan, pihaknya siap untuk meluruskan.

"Kita mendukung semua pembangunan yang ada di Sumbar, jalan tol, asrama haji, termasuk Tarok City, namun jika ada penyimpangan tentu kita diluruskan," ujarnya di Mapolda Sumbar, Rabu (9/1).

Menurut Fakhrizal, pemerintah dan penegak hukum wajib mendukung semua pembangunan, termasuk juga proyek nasional yang ada di daerah. Pasalnya, pembangunan akan membawa bermanfaat bagi kemajuan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Pembangunan bagus untuk kemajuan daerah, gagalnya pembangunan adalah sebuah kerugian besar. Jika ada kendala kepolisian siap membantu," ujar kapolda asal Bukittinggi tersebut.

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni memastikan jika semua dokumen dan administrasi pembangunan Tarok City sudah lengkap dan tidak satupun melanggar aturan.

Dokumen tersebut antara lain surat dari Dinas Kehutanan Sumbar yang menyatakan bahwa kawasan Tarok City bukan kawasan hutan lindung. Hal ini diperkuat pula dengan adanya dokumen Hak Guna Usaha (HGU) kawasan Tarok City.

Menurut Ali Mukhni, dengan adanya HGU tersebut otomatis memastikan jika kawasan Tarok City bukan hutan lindung.

"Mustahil kawasan Tarok City adalah hutan lindung, jika benar hutan lindung mana mungkin ada HGU-nya," ujar Ali Mukhni sembari menyerahkan semua dokumen Tarok City kepada Kapolda.

Selain itu, kata Ali Mukhni, pembentukan kawasan pendidikan terpadu Tarok City sudah sesuai dengan perda RTRW Padangpariaman yang menyatakan jika kecamatan Kayu Tanam adalah kawasan pengembangan pendidikan. Perda tersebut berlaku hingga 2030.

Sementara terkait amdal Tarok City, Ali Mukhni menjelaskan berdasarkan aturan, amdal merupakan kewajiban masing masing pengguna lahan dalam hal ini adalah universitas-universitas yang akan membangun kampus di Tarok City. Sementara pemerintah daerah hanya sebatas memberikan lahan.

"Soal amdal itu kewajiban masing masing pengguna lahan, kita hanya memberikan lahan," terangnya.

Pembangunan Tarok City menurut Ali Mukhni akan memberikan lompatan besar terhadap kemajuan Padangpariaman. Selain mencerdaskan masyarakat juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Menyangkut adanya tudingan pembangunan Tarok City bermasalah, menurut Ali Mukhni itu hanya isu yang sengaja dihembuskan oleh pihak yang merasa tidak senang dengan dirinya dan berupaya menghalangi pembangunan Padangpariaman.

Terpisah, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menegaskan pembangunan kawasan pendidikan terpadu Tarok City di Padangpariaman tidak ada persoalan. Bahkan menurut Irwan, Tarok City akan diusulkan kepada pemerintah pusat untuk dijadikan pembangunan strategis nasional sehingga pembangunannya bisa maksimal menggunakan anggaran APBN.

"Tarok City clear, tidak ada persoalan, tidak perlu diperdebatkan lagi," ujarnya.

Tarok City merupakan sebuah kawasan pendidikan terpadu yang terletak di Kayu Tanam yang menjadi terobosan baru Kabupaten Padangpariaman.

Jika terwujud, terobosan ini akan menjadi satu-satunya di Indonesia yang menggabungkan beberapa kampus besar dalam satu kawasan terpadu.

Beberapa kampus besar sudah menyatakan kesiapan untuk membangun kampus mereka di lahan seluas hampir 700 hektar tersebut. Di antaranya Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Politeknik Negeri Padang, Universitas Negeri Padang, Universitas Islam Indonesia, Lembaga Administrasi Negara hingga Diklat Lembaga Sandi Negara. (Tim)

×
Berita Terbaru Update