Jelang Tahapan Krusial Pemilu, Bawaslu Padangpariaman Perkuat Koordinasi dengan TNI-Polri

Jajaran Bawaslu Padangpariaman salam komando dengan Dandim 0308/Pariaman Foto: Nanda
Pariaman - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padangariaman lakukan koordinasi dengan Kodim 0308/Pariaman, Polres Pariaman dan Kejaksanaan Negeri Pariaman, Selasa (22/1).

Koordinasi dilakukan untuk memperkuat sinergitas lembaga terkait sebelum masuknya tahapan krusial pemilu 2019, yaitu tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara.

"Ini penting kami (Bawaslu) lakukan. Dalam kesempatan ini juga kami ingin menghimpun masukan untuk kelancaran pemilu," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Padangpariaman, Anton Ishaq saat silaturahmi dengan Dandim 0308/Pariaman dan Kapolres Pariaman, Selasa (22/1).

Ia juga meminta saran dan informasi dari pihak terkait tentang kerawanan yang mungkin terjadi, sehingga pemilu 2019 menjadi terganggu. Pihaknya akan melakukan upaya untuk menimalisir terjadinya pelanggaran pemilu dengan memaksimalkan upaya pencegahan.

"Kita upayakan pencegahan terhadap hal yang menganggu kelancaran pemilu. Termasuk pelanggaran, dengan informasi kerawanan kita bisa maksimal mencegah terjadinya pelanggaran," ulasnya.

Dalam kunjungan itu, Bawaslu Padangpariaman mengingkatkan agar ASN, anggota TNI-Polri bersikap netral pada pemilu 2019.

"Ada satu pelanggaran netralitas yang telah kita proses. Belajar dari itu maka selalu kami ingatkan, mungkin melalui pimpinan instansi terkait agar tetap netral selama pemilu digelar," pungkasnya.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0308/Pariaman, Letkol Arm Heri Pujianto menyatakan kesiapan pihaknya mensukseskan pemilu 2019 di Kabupaten Padangpariaman.

Bahkan, personil Babinsa TNI sebagai pembinaan teritorial di desa juga mensosialisasikan pemilu dan imbauan pemilu agar masyarakat menciptakan pemilu damai 2019.

"Kita siapkan personil untuk mendukung pengamanan pemilu 2019. Kami juga sosialisasikan tentang penyelenggaran pemilu kepada masyarakat," pungkasnya. (Nanda)