Genius Serahkan Puluhan Unit Bantuan ke Kelompok Nelayan

Salah satu item bantuan yang diserahkan adalah unit becak motor. Foto: Junaidi
Pariaman - Pemko Pariaman melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan berikan bantuan kepada kelompok nelayan dan penjual hasil tangkap ikan Pariaman.

Bantuan yang diserahkan berupa 9 unit becak motor roda tiga, 20 unit mesing longtail, 80 unit fishbox dan 20 paket alat tangkap ikan atau gillnet.

Bantuan tersebut merupakan dana pokok pikiran (pokir) lima orang anggota DPRD Kota Pariaman pada APBD Perubahan 2018. Mereka di antaranya Reza Saputra, Hamdani, M Yasin, Jonasri dan Nasril.

"Kita terima proposal. Dari proposal tersebut kita buatkan kebutuhan apa yang diperlukan oleh mereka," ungkap Kepala Dinas Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Pariaman, Dasril, Selasa (22/1) di Pariaman.

Kepada para penerima pihaknya mengingatkan agar bantuan tersebut dipertanggungjawabkan dengan baik, dirawat dan dipelihara.

"Tidak boleh digunakan untuk kegiatan lainyna, apalagi dialihfungsikan kepada yang lain. Apabila kita temui hal tersebut di lapangan, maka bantuan ini akan kita tarik kembali," katanya.

Walikota Pariaman Genius Umar berharap bantuan tersebut dimanfaatkan penerima untuk peningkatan ekonomi keluarga. Pemberian bantuan guna memberikan peluang ekonomi kepada masyarakat dalam rangka peningkatan usaha yang mereka geluti.

"Gunakan bantuan sebaik-baiknya. Kita berharap bantuan ini betul-betul bermanfaat bagi mereka," ujar Genius Umar.

Genius bilang tujuan diberikannya bantuan tersebut adalah untuk menjaga kualitas ikan agar sampai di tangan konsumen dalam keadaan segar dan layak konsumsi.

"Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidup nelayan, meningkatkan perluasan lapangan kerja serta kesempatan usaha dan produksi usaha perikanan tangkap," tandasnya. (Juned/*)