Bawaslu Kunjungi Markas Wartawan Pariaman

Bawaslu Pariaman dan kepala sekretariat kunjungi wartawan Pariaman di Kantor PWI Pariaman. Foto: Nanda
Pariaman - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pariaman ajak wartawan mengawasi kinerja dan netralitas jajaran pengawas pemilu di wilayah Kota Pariaman. Jika menemukan pengawas pemilu yang tidak netral atau melanggar aturan, dapat dilaporkan kepada Bawaslu Kota Pariaman.
        
"Bawaslu ini paling banyak yang mengawasinya, termasuk media. Kita berharap agar kawan-kawan wartawan juga memantau petugas pengawas di tingkat kota, kecamatan, desa bahkan TPS, jika tidak netral mohon dilaporkan," kata Ketua Bawaslu Pariaman, Riswan, saat bersilaturahmi dengan wartawan Pariaman di kantor PWI Pariaman, Jumat (18/1).
        
Ia menegaskan roh pengawasan pemilu adalah netralitas dan integritas, jika hal itu tidak terwujud kepercayaan terhadap lembaga pengawas pemilu akan memudar.
      
"Netralitas dan integritas adalah rohnya pengawas pemilu. Jika ini sudah dilanggar, kepercayaan masyarakat akan hilang," ulasnya.
        
Hingga saat ini, kata dia, belum ditemukan petugas pengawas pemilu melanggar netralitas dan integritas sebagai pengawas pemilu.
      
Begitu pula dengan laporan adanya oknum penyelenggara pemilu yang duduga terafiliasi dengan peserta pemilu - setelah dilakukan klarifikasi - tidak ditemukan.      
        
Media dan wartawan, lanjutnya, sangat membantu penyebarluasan informasi aturan pemilu 2019 kepada masyarakat. Sosialisasi tentang aturan pemilu yang disampaikan melalui media massa, ia nilai sangat efektif.
        
"Dukungan dari kawan-kawan wartawan untuk sosialisasi informasi kepemiluan kepada masyarakat sangat membantu. Kami berhadap dukungan itu terus hingga suksesnya pelaksanaan pemilu 2019 di Kota Pariaman," pungkasnya.
        
Ketua PWI Pariaman, Ahmad Damanhuri menyatakan wartawan Pariaman akan mengoptimalkan sosialisasi informasi pemilu 2019 kepada masyarakat.
        
"Beritanya tentu mengedukasi masyarakat. Aturan kepemiluan kita sampaikan melalu pemberitaan," kata dia.
         
Ia mengatakan jika kemitraan antara wartawan Pariaman dengan Bawaslu Pariaman sangat baik. Bawaslu dia nilai terbuka dan memudahkan wartawan dalam akses informasi pemilu.
        
"Hubungan dan kemitraan sangat baik. Bawaslu sangat terbuka dalam memberikan informasi kepada wartawan," pungkasnya. (Nanda)