Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pembangunan Ulang Pasar Pariaman Akan Segera Dimulai

28 Desember 2018 | 28.12.18 WIB Last Updated 2018-12-28T12:21:52Z
Peninjauan Pasar Pariaman. Foto: Nanda
Pariaman - Pembangunan ulang Pasar Pariaman ditargetkan akan rampung dalam waktu kurang dari satu tahun kalender 2019. Anggaran rekonstuksi pasar telah disetujui oleh Kementerian PUPR dan Kementerian Perdagangan dengan single year ini, akan diawali dengan tahapan pelelangan pekerjaan.

"Anggaran pembangunannya hanya satu tahun 2019, pengerjaannya pun harus diselesaikan dalam tahun 2019 depan," kata Dirjen Cipta Karya Direktorat Bina Penataan Bangunan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Iwan Suprijanto di Pariaman, Jumaat (28/12).

Ia mengatakan pelelangan pengerjaan Pasar Pariaman dijadwalkan pada Januari 2019. Jika proses pelelangan selesai, pembangunan pasar akan dimulai di bulan Februari 2019.

Dikatakannya, sebelum dimulai pengerjaan oleh kontraktor, Pemko Pariaman terlebih dahulu menyiapkan bangunan kios sementara untuk menampung pedagang. Kemudian, bangunan pasar yang saat ini dibongkar untuk selanjutnya dihapuskan dari aset Pemko Pariaman.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kata dia akan mereview ulang desain pembangunan Pasar Pariaman yang diajukan Pemko Pariaman. Langkah ini untuk memastikan desain yang diajukan telah memenuhi standar rancangan bangunan, terutama stuktur tahan terhadap gempa, pemenuhan proteksi kebakaran aktif dan pasif. Review ulang desain juga untuk memastikan pasar merupakan bangunan hijau ramah lingkungan.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan Pemko Pariaman akan segera melakukan pelelangan pembuatan kios sementara pedagang dan pelelangan pembongkaran Pasar Pariaman.

"Pemko Pariaman juga akan hapuskan bangunan Pasar Pariaman sebagai aset daerah. Diperkirakan terdapat 400 orang pedagang akan menempati bangunan pasar sementara tersebut," pungkasnya. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update