Dihibur Artis KDI, NMax Rider Rayakan Hari Jadi di Pantai Kata

Foto: Nanda
Pantai Kata - Komunitas Pariaman NMax Rider Sumatera Barat memperingati jadinya yang pertama, Sabtu (8/11) di Pantai Kata, Pariaman.

Founder NMax Rider Indonesia Kong Har, Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin dan Anggota DPR RI Jon Kenedy Azis, menjadi saksi perayaan hari jadi komunitas yang disingkat Paramexs Rider itu.

Selain diisi oleh artis kenamaan seperti Tari KDI dan banyaknya hadiah, ramainya komunitas NM Rider dari luar Pariaman dan Sumatera Barat membuat perayaan makin meriah.

Setahun berdiri, komunitas ini terus berkomitmen menjadi mitra mendukung program pemerintah dalam segala bidang.

Perayaan satu tahun berdirinya komunitas itu diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain bedah rumah tidak layak huni di Kecamatan Lubuk Alung Padangpariaman, dan penyerahan bantuan untuk anak yatim di Panti Asuhan.

Pariaman NMax Rider terbentuk pada 10 Desember 2017 silam, yang ditandai dengan konvoi pengguna sepeda motor dan ditutup dengan deklarasi pendirian komunitasi di kawasan wisata Puncak Lawang, Kabupaten Agam.

Ketua NMax Rider Pariaman Ipda Afrizal Zahar mengatakan, berdirinya komunitas Pariaman NMax Rider mulai mengikis pandangan masyarakat terhadap komunitas sepeda motor yang kerap dicap ugal-ugalan.

Anggapan buruk masyarakat terhadap komunitas sepeda motor mulai hilang dengan kehadiran NMax Rider. Salah satunya disebabkan banyaknya kegiatan positif dan bakti sosial yang dilakukan komunitasnya.

"Dulu klub sepeda motor seringkali dicap negatif. Kadang dilabeli ungal-ugalan, komunitas yang mengganggu ketertiban lalulintas," katanya.

Ia menyebut terdapat empat konsep fokus kegiatan komunitas Pariaman NMax Rider agar lebih dapat berkembang di tahun mendatang.

Empat konsep itu, antara lain, silaturahmi untuk mencari keluarga. Kegiatan touring bersama-sama menggunakan sepeda motor dapat memperbanyak keluarga dan kawan baru. Kedua, komunitas yang ia pimpin berkomitmen menjadi pelopor keselamatan lalu lintas, yang ditandai dengan mewajibkan seluruh anggota komunitas tertib berlalu lintas.

"Konsep lainnya adalah Paramex peduli, dengan melakukan kegiatan sosial dan konsep menjadi agen pariwisata dengan memperkenalkan objek wisata Kota Pariaman dan Padangpariaman dalam setiap kunjungan di daerah lain. Kami rencanakan akan menyelenggarakan acara perkumpulan yang sama tingkat nasional di Pariaman," ulasnya.

Founder NR Indonesia, Kong Har mengatakan jika komunitas NM Rider Indonesia berkembang pesat di seluruh daerah di Indonesia. Khusus di Provinsi Sumatera Barat, memiliki perkembangan yang pesat dibandingkan daerah lain.

Ia menekankan agar komunitas NMax Rider tidak membuat aturan yang terlalu mengekang anggota. Alasannya, berdirinya komunitas juga untuk silaturahmi usai dipenatkan dengan urusan rutinitas. Silaturahmi menjadi tujuan berdirinya komunitas yang memiliki slogan "Ride Together Brother 4Ever" ini.

"Anggota NMax bukan pelajar, rata-rata memiliki kesibukan dengan beragam latar belakang sosial. Jangan ada aturan yang membuat anggota tidak nyaman, kita di sini untuk bernyaman-nyaman," ujarnya.

Anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Jon Kenedy Azis menyebut peran komunitas sangat membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan sosial.

"Jika semua komunitas melakukan aksi peduli seperti yang dilaksanakan saat ini, tentu penangangan permasalahan sosial akan lebih cepat," kata anggota komunitas Harley Davidson Jakarta ini.

Walikota Pariaman Genius Umar juga aktif di komunitas sepeda motor tersebut. Sebagai salah seorang anggota komunitas Paramex Rider, ia merasakan keakraban yang kental antara sesama anggota .

"Kami dulu mendaftar ke KPU saat pilkada 2018 diantar oleh kawan-kawan Paramexs Rider, suasana keakraban begitu terasa," kata dia.

Berkembangnya komunitas Paramex Rider, sebut Genius, dapat menjadi bagian dari upaya pemajuan pariwisata Kota Pariaman. Komunitas yang ada di seluruh Indonesia harus diajak datang ke Kota Pariaman.

"Karna saya dan wawako adalah bagian dari anggota komunitas ini, kami berharap upaya meningkatkan pariwisata Kota Pariaman dapat didukung," pungkasnya. (Nanda)